Kamis, 12 Januari 2012

Timnas Indonesia Akan Di Isi Oleh Pemain Indonesia di Eropa

Pelatih kepala tim nasional senior yang baru, Aji Santoso, siap memanggil pemain muda Indonesia yang saat ini bermain di liga Eropa untuk bertanding melawan Bahrain di pertandingan terakhir Grup E, babak ketiga kualifikasi Pra Piala Dunia 2014. Hal itu dikatakan Aji saat dihubungi pada Kamis, 12 Januari 2012.

"Saya akan komunikasikan itu (pemanggilan pemain di Eropa) dengan pengurus. Jika mereka masih berusia di bawah 23 tahun, bisa saja dipanggil melawan Bahrain," ujar Aji Santoso.

Pertandingan terakhir melawan Bahrain di Manama, kata Aji, akan dijadikan ajang uji coba bagi pemain di bawah 23 tahun. Pemain-pemain itu nantinya diproyeksikan menjadi pilar tim nasional U-23 saat SEA Games XXVII di Myanmar tahun depan.

Beberapa pemain Indonesia yang berusia di bawah 23 tahun saat ini bermain di beberapa klub Eropa, di antaranya Arthur Irawan di tim junior Espanyol (Spanyol); Syamsir Alam, Yandi Sofyan, Alfin Tuassalamony, dan Yericho Christintoko di CS Vise, klub divisi dua Liga Belgia; serta Stefano Lilipaly di tim junior FC Utrecht (Belanda).

Menurut Aji, ajang SEA Games akan menjadi target utama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Itu sebabnya selama setahun ini Aji akan memantau pemain-pemain muda yang berpotensi masuk skuad SEA Games tahun depan.

Pemain muda, kata Aji, harus diberi kesempatan menghadapi atmosfer pertandingan internasional agar mental bermain terbangun dengan baik. Ia mencontohkan timnas U-23 Malaysia yang sering bermain dengan tim kuat, sehingga saat berhadapan dengan tim satu level tidak grogi dan tertekan.

Aji berharap selama 2012 ini timnas senior bisa melakukan banyak pertandingan internasional melawan tim-tim asing. Namun sampai saat ini timnas yang akan ia pimpin belum memiliki jadwal pertandingan persahabatan internasional resmi.

"Kalau tidak salah, Mei ada undangan dari Palestina. Saya berharap timnas bisa bertanding sebanyak-banyaknya agar mental bisa dilatih dengan baik," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar