Sabtu, 21 Januari 2012

Dohar Arifin : Indonesia Pasti Lolos Ke Piala Dunia 2022

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husin menargetkan Indonesia turut serta dalam ajang Piala Dunia 2022. Menurutnya, target itu bisa tercapai mengingat saat ini pembinaan usia dini terus dilakukan. “Paling lambat (Piala Dunia) 2026,” katanya kepada wartawan saat mengunjungi Graha Solo Raya di Solo, Jumat, 20 Januari 2012.

Dia menilai waktu 10 tahun cukup untuk membentuk tim nasional yang tangguh dan bisa berlaga di Piala Dunia. Apalagi pemain sepak bola anak-anak berhasil menjadi juara di level ASEAN dan Asia. “Kalau mereka bisa jadi pemain tim nasional yang handal, kita bisa masuk Piala Dunia. Bahkan, nantinya bisa ekspor pemain ke Jepang, Korea, atau Eropa,” katanya tegas

Contoh pembinaan yang sedang dijalankan seperti adanya kejuaraan untuk usia di bawah 15 tahun atau U-15 yang diselenggarakan oleh pengurus cabang di daerah. Pemenangnya lantas maju ke provinsi dan terakhir berlaga di putaran final di Jakarta.

“Kemudian kami akan membentuk enam timnas, yaitu U-16, U-19, U-20, U-21, U-23, dan timnas senior,” katanya. Termasuk di dalamnya timnas futsal, timnas wanita, dan sepak bola pantai. “Ini bukan metode baru. Kami mencontoh Belanda,” kata dia menjelaskan konsep programnya.

Di sisi kepelatihan, pihaknya sudah mengontrak pelatih asal Belanda, Albert Pentury, selama dua tahun. Dia bertugas meningkatkan kemampuan pelatih di daerah-daerah. Tujuannya agar pelatih lokal bisa mengajarkan bagaimana cara bermain sepak bola yang benar kepada anak didiknya, misalnya cara menendang dan cara berlari. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar