Selasa, 10 Januari 2012

Susunan Baru Pelatih Timnas Indonesia

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Aji Santoso untuk menjadi pelatih tim nasional (timnas) senior menggantikan Wim Rijsbergen. Wim sendiri akan menduduki posisi penyelia atau supervisor merangkap direktur suatu badan yang akan segera dibentuk PSSI untuk mengurus teknik tim nasional.

“Tergantung situasi untuk tim senior, apakah pak Aji tetap atau kita cari yang lain untuk senior. Sedangkan untuk Wim, karena dia sudah dikontrak dua tahun, dia menjadi direktur mengurus program, mengawasi dan meng-upgrade pelatih-pelatih kita,” kata Ketua umum PSSI Djohar Arifin, dalam konferensi persnya di sela rapat Komite Eksekutif (Exco), di Hotel Crown Jakarta, Selasa, 10 Januari 2012.

Djohar, mengatakan pergantian Wim sendiri berlaku sejak Januari 2012. Dalam tugas barunya, Wim akan mendampingi seluruh pelatih timnas U-17, 19, 21, 23, dan timnas senior. “Jadi dia akan mendampingi semuanya, tapi tidak bersentuhan langsung dengan tim,” katanya.

Karena kegiatan timnas senior baru digelar pada pengujung tahun 2012, PSSI mengharapkan skuad yang nanti akan dilatih oleh AJI di timnas U-23 dapat melahirkan pemain-pemain untuk mengisi timnas senior. “Jadi sambil berjalan tim U-23 mencari pemain untuk timnas senior,” kata Djohar.

Selain mengumumkan pelatih timnas U-23 dan senior, PSSI juga secara resmi menunjuk Indra Safri sebagai pelatih timnas U- 17, Liestiyadi sebagai pelatih timnas U-19, dan Widodo C Putra sebagai pelatih timnas U-21.

Dalam kesempatan tersebut, PSSI juga menegaskan jika mereka akan menunjuk timnas U-23 yang akan dilatih oleh Aji sebagai pemain inti di ajang SEA Games 2013 di Myanmar. Djohar mengatakan pihaknya akan mengusahakan agar para pemain tim SEA Games mempunyai kesempatan melakukan laga uji coba dan berlatih di luar negeri untuk memperbanyak jam terbang.

“Kita konsentrasi tim SEA Games 2013 dari sekarang, kita usahakan mereka punya waktu keluar dan berlatih di luar agar dapat berbicara banyak di Myanmar. Maka semua itu kita persiapkan dari sekarang,” ujar Djohar.

Dengan demikian, dalam laga terakhir tim nasional pada pra kualifikasi Piala Dunia melawan Bahrain, Aji Santoso kemungkinan akan mulai melatih timnas senior dan menggantikan Wim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar