Minggu, 01 Januari 2012

Diego Mundur Dari Pelita Jaya Karena Diancam Limbong

Bek andalan tim Pelita Jaya, Diego Michiels, menyampaikan surat pengunduran diri dari klub yang saat ini berlaga di Liga Super Indonesia itu. Manajer Pelita Jaya Lalu Mara Satriawangsa mengatakan pengunduran diri Diego itu tidak murni berasal dari diri pemain 21 tahun itu, tapi di bawah ancaman pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Lalu Mara pun bahkan langsung "tunjuk hidung" Ketua Komisi Disiplin PSSI Benhard Limbong sebagai otak di balik pengunduran diri Diego. Ia menjelaskan berdasar pengakuan Diego kepada mantan Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arif, surat pengunduran dalam bahasa Inggris itu sudah disiapkan Limbong dan tinggal ditandatangani Diego. "Ini kan secara sengaja ataupun tidak sengaja telah mempengaruhi dan mengancam pemain saya," kata Lalu Mara melalui sambungan telepon, Sabtu, 31 Desember 2011.

Pelita Jaya, kata Lalu Mara, sampai saat ini masih memberi kesempatan kepada Diego untuk mempertimbangkan keputusannya itu. Jika pemain naturalisasi tersebut tetap bertahan dengan keputusannya itu, klub, menurut Lalu Mara, akan menempuh jalur hukum. "Sederhananya, kami akan mengikuti aturan hukum yang ada. Ia kan masih terikat kontrak dengan kami, ada risiko dan tanggung jawab yang harus diselesaikan," kata Lalu Mara.

Lalu Mara mengaku juga belum berkomunikasi langsung dengan Diego soal pengunduran diri itu. Surat pengunduran diri, kata Lalu Mara, dikirim kepada Ketua Umum Pelita Jaya, Gunawan Tamsir, sehingga ia belum mengetahui pasti isi surat tersebut. "Berdasar keterangan Pak Iman, Diego pun sampai saat ini sebenarnya ada dalam kondisi bimbang. Ia kan masih kecil," kata Lalu Mara lagi.

Peristiwa itu, terang Lalu Mara, bermula saat Diego dan beberapa pemain naturalisasi lain, baik yang bermain di Pelita Jaya maupun tidak bermain di Pelita Jaya, dihubungi Benhard Limbong dan dimintai menemuinya. Dari semua pemain itu, lanjut Lalu Mara, hanya Diego yang datang menemui Limbong, sedangkan pemain lain bergeming.

Diego yang tidak dijelaskan maksud pemanggilan itu oleh Limbong, kemudian disodori surat dan diminta menandatanganinya. "Apakah ia diancam akan kehilangan tempat di tim nasional jika tetap bermain di Liga super, saya belum tahu. Hari ini, kata Pak Iman, Diego akan menghubungi saya menjelaskan itu," kata Lalu Mara.

Diego Michiels merupakan salah satu dari beberapa pemain berdarah Belanda yang saat ini memperkuat Indonesia. Ia mencapai kepopuleran setelah bermain gemilang dalam SEA Games lalu, meski hanya meraih perak. Sebelumnya pemain kelahiran Deventer, Belanda, itu memperkuat klub Liga Belanda, Go Ahead Eagles.

Hingga berita ini diturunkan, Limbong belum berhasil dihubungi. Nomor ponselnya sibuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar