Rabu, 08 Februari 2012

Semi Final Coppa Italia Ini 5 Resep Milan untuk Kalahkan Juve

Bookmark and Share   
MILAN - Juventus sejauh ini menjadi tim yang paling tangguh di pentas Serie A. Skuad besutan Antonio Conte belum tersentuh kekalahan sepanjang musim ini.
Di bawah arahan Conte, Juve memang sukses menjelma sebagai tim menakutkan di Italia musim ini. Betapa tidak, sejak awal musim hingga kini Juve belum sekallipun menelan kekalahan.
Total, dari semua ajang yang dimainkan Giorgio Chiellini dkk di musim ini, Juve tak terkalahkan dalam 23 laga. Prestasi Juve ini tentunya membuat klub-klub lain bernafsu untuk memberikan kekalahan perdana buat La Vecchia Signora. AC Milan adalah salah satu klub yang paling bernafsu mengalahkan Juve.
Milan diketahui masih kecewa berat setelah dipaksa menelan kekalahan 0-2 saat bertandang ke markas Juve di pentas Serie A, Oktober silam.
Kini, Milan punya peluang untuk menuntut balas sekaligus memberikan kekalahan pertama buat Juve. Milan akan menjamu Juve di semi final pertama Coppa Italia, Kamis (9/2/2012) dini hari nanti. Lantas, apa yang harus dilakukan pelatih Milan Massimiliano Allegri untuk bisa mengakhiri rekor apik Juve? Berikut 5 hal yang diyakini bisa membuat Milan menang atas Juve, seperti dikutip Goal, Rabu (8/2/2012):

Bertahan Lebih Dalam
Di banyak kesempatan musim ini, Juve kerap menciptakan peluang demi peluang dengan menciptakan jarak antar pemain, sehingga mereka punya ruang untuk melakukan serangan balik cepat. Kebanyakan tim yang mampu mencuri poin dari Juve di musim ini bermain dengan pertahanan yang lebih dalam.

Namun, skema ini nampaknya sulit diadopsi Milan. Sebagai juara bertahan, Milan selalu dituntut bermain menyerang, bahkan tak jarang menggunakan dua bek sayapnya untuk naik membantu serangan. Hal inilah yang harus jadi perhatian Allegri.

Menyerang dengan Cepat
Ini merupakan salah satu poin plus Milan di mana mereka mampu memperagakan serangan dengan cepat. Untuk mendukung skema ini, Allegri sepertinya harus memasang Stephan El Sharaawy dan Zlatan Ibrahimovic di lini depan.

Selain itu, Milan juga harus punya amunisi pendukung dari lini kedua. Dalam hal ini, Allegri disarankan memainkan Djamel Mesbah di posisi aslinya, yakni gelandang sayap. Kehadiran Mesbah juga berguna untuk menahan laju Stephan Lichtsteiner yang aktif membantu serangan.

Mainkan Seedorf Sejak Awal
Clarence Seedorf merupakan salah satu pemain yang punya kualitas paling mumpuni untuk menempati posisi trequartista. Meski tak lagi muda, namun kehadiran Seedorf diyakini bakal membuat Milan lebih kreatif.

Jangan Takut Mainkan Bola Panjang
Di sepakbola modern saat ini, taktik bola panjang kerap berujung hal negatif. Namun dengan adanya Zlatan Ibrahimovic, Milan punya yang terbaik. Dengan bola panjang, Ibra punya keunggulan dalam hal fisik yang mampu membuat Milan lepas dari tekanan.

Di Juve, Antonio Conte selalu mengusung filosofi memberikan pressing ketat sepanjang pertandingan kepada tim lawan. Jika Juve kembali menerapkan strategi ini, maka Milan bisa menggunakan taktik umpan jauh dengan memanfaatkan Ibra untuk memantulkan bola ke pemain lain atau langsung beraksi sendiri.

Waspadai Pemain Veteran
Di skuad Juve musim ini, memang didominasi para pemain muda yang penuh energi dan dinamis. Namun dibalik itu, sosok kunci permainan Juve ada di pemain veteran, yakni Andrea Pirlo dan Alessandro Del Piero.

Kehadiran Pirlo yang direkrut dari Milan sejak awal musim, selalu menuai pujian. Gelandang veteran ini mampu menstabilkan permainan Juve dan memberikan umpan-umpan yang memanjakan para penyerang.

Sementara itu, Del Piero juga mulai menunjukkan kontribusi besarnya akhir-akhir ini. Gol yang dicetaknya ke gawang AS Roma di babak perempat final merupakan sinyal bahwa pemain 37 tahun ini tidak boleh di pandang sebelah mata.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar