Rabu, 22 Februari 2012

Timnas Indonesia Tantang Aljazair

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mengatakan, pertengahan tahun ini pihaknya akan menggelar pertandingan persahabatan antara timnas Indonesia melawan timnas Aljazair. Laga tersebut merupakan bagian dari rencana kerjasama yang akan segera dijalin PSSI dengan Federasi Sepakbola Aljazair (FAF).

"Ide kerjasama ini merupakan gagasan Duta Besar (Dubes) Indonesia di Aljazair. PSSI menyambut baik rencana tersebut untuk meningkatkan pengalaman bermain, dan kualitas timnas kita. Aljazair saat ini ranking ke-36 FIFA, dan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia," ujar Djohar di kantor PSSI, Rabu 22 Februari 2012.

Djohar mengatakan, ide awal untuk menjalin kerjasama dengan Federation Algerienne de Football (FAF) tersebut bermula dari inisiatif Dubes RI untuk Aljazair, Ahmad Ni'am Salim. Selain menggelar laga persahabatan internasional, sejumlah program kerjasama juga telah dipersiapkan kedua negara.

Salah satunya adalah kerjasama soal pembinaan usia muda, dimana Indonesia berkesempatan mengirimkan para pemain mudanya untuk berlatih jangka panjang di Aljazair. Tidak hanya itu, PSSI juga berencana menjalin kerjasama menggelar kepelatihan bagi para pelatih nasional.

"Dalam kerjasama itu memungkinan tim muda kita untuk berlatih jangka panjang di Aljazair. Ini juga membuka peluang agar para pemain muda kita juga dapat bermain di Eropa. Jarak Aljazair ke eropa kan hanya 45 menit. Kami juga akan memanfaatkan kerjasama itu untuk menggelarcoaching clinic kepelatihan dan lainnya," kata Djohar.

Dubes Indonesia untuk Aljazair, Ahmad Ni'am Salim, dalam konferensi pers di kantor PSSI mengatakan, setelah mendengar kesediaan PSSI soal kerjasama tersebut, ia akan segera menemui Presiden FAF, Mohammad Rawa Rawa untuk segera menandatangani MoU kerjasama.

Menurut Ni'am, pihak federasi Aljazair sangat menyambut baik upaya kerjasama tersebut. Selain ingin menjajal kekuatan sepakbola Indonesia, pihak Aljazair juga tertarik untuk bisa membawa para pemain timnas mereka berlibur ke Indonesia.

"Kami sudah berkomunikasi dengan FAF. Mereka menyambut baik laga persahabatan itu, sekaligus ingin belibur menikmati cuaca tropis Indonesia. Semoga laga persahabatan ini bisa berlangsung dengan baik," ujar Ni'am.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar