Rabu, 22 Februari 2012

Timnas U-12, Menimba Ilmu ke Jepang

Tim nasional (Timnas) junior Indonesia (U-12) akan menimba ilmu ke Jepang sekaligus menguji kemampuan dengan mengikuti tiga pertandingan persahabatan, Juni 2012.

"Untuk kegiatan ini, PSSI akan didukung pihak Danone. Perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman ini siap membiayai Timnas U-12 untuk belajar di Jepang," kata manajer timnas U-12, Zuchli Imran kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Menurut dia, keberangkatan timnas U-12 ke Jepang adalah dalam rangka memenuhi undangan Asosiasi Sepak Bola Osaka (OFA).

"PSSI menggandeng Danone untuk mensponsori keberangkatan timnas U-12 ke Jepang dalam rangka memenuhi undangan OFA, karena selama ini perusahaan ini memiliki perhatian yang sangat tinggi pada pembinaan dan pengembangan sepak bola usia muda di Indonesia," ujarnya.

Imran menyatakan, sesuai pembicaraan dengan pihak sponsor akan disepakati agenda penandatangan nota kesepahaman kerja sama tersebut pada 29 Februari mendatang.

Timnas U-12 selama beberapa hari di Jepang, menurut Imran, selain melakoni tiga pertandingan persahabatan yang direncanakan digelar di wilayah Osaka dan Kota Sakei, Provinsi Osaka, mereka juga akan mengikuti program belajar teknik dan fisik.

"Beberapa instruktur OFA akan memberikan pelatihan singkat kepada para pemain timnas U-12 yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama pagi hari adalah belajar pengetahuan tentang sepak bola di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua pada sore hari yaitu belajar teknik yang dilakukan di lapangan," katanya.

PSSI akan menjaring para pemain timnas U-12 yang akan diboyong ke Jepang. PSSI akan melakukan seleksi pada 4, 5 dan 6 Maret mendatang, di Lapangan C Kompleks Gelora Bung Karno Jakarta.

Menurut Imran, PSSI mengundang para pemain di Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ada di seluruh Indonesia untuk mengikuti seleksi.

Dalam ajang seleksi ini, kata Imran, PSSI akan bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Di tahap awal kita akan menjaring sebanyak 25 pemain. Selanjutnya ke-25 pemain hasil seleksi tahap awal ini akan mengikuti Training Centre (TC). Masa pemusatan latihan ini akan menjadi ajang seleksi terakhir untuk mendapatkan 18 pemain terbaik yang diberangkatkan ke Jepang," ujarnya.

Imran menambahkan, pelatih yang akan memimpin timnas U-12 ke Jepang adalah Indra Syafri. Pelatih yang sukses membawa timnas U-17 jadi juara di Hongkong ini akan didampingi Jarot sebagai pelatih kiper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar