Rabu, 01 Februari 2012

Hasil Seleksi Pemain Timnas Senior Diumumkan Jumat

Pelatih tim nasional (timnas) Pra-Piala Dunia, Aji Santoso, akan umumkan delapan nama yang lolos seleksi pada Jumat 3 Februari 2012. Delapan pemain tadi akan digabung dengan sepuluh pemain yang sudah disiapkan sebelumnya.

Laga PPD 2014 Zona Asia Grup E antara Timnas Indonesia dengan Bahrain, memang sudah tidak lagi menentukan bagi Merah Putih. Namun, apapun caranya, timnas Merah Putih terus mencoba mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin.

Timnas Indonesia yang berada satu grup dengan Iran, Qatar, dan Bahrain awalnya ditukangi Wim Rijsbergen. Namun, ternyata pelatih asal Belanda itu membawa Indonesia terpuruk di dasar klasemen grup E dengan mengalami lima kali kekalahan dan PSSI memutuskan mengganti Wim dengan Aji.

Di bawah kepelatihan Aji, Timnas masih sibuk mencari delapan pemain untuk melengkapi 18 nama yang akan diterbangkan ke Bahrain. Proses penyaringan sendiri diikuti oleh 31 pemain yang semuanya diambil dari klub-klub yang ambil bagian dalam kompetisi resmi PSSI, Indonesia Premier League (IPL).

"Proses penyeleksian sendiri baru berjalan dua hari, dan masih ada tiga hari proses tersisa. Kemungkinan tanggal 3 Februari nanti, kami sudah bisa umumkan siapa saja kedelapan pemain tersebut," ungkap Aji saat dihubungi wartawan, Rabu (1/2/2012).

Aji sendiri sangat menyadari, jika pemain-pemain yang nanti dinyatakan lolos belum tentu bisa memberikan penampilan yang diharapkan banyak pihak. Mantan pelatih Persebaya Surabaya ini melihat, jika hal itu tidak bisa langsung dibebankan kepada pemain-pemain itu. Karena selain baru kali pertama membela panji-panji Merah Putih, pemain-pemain yang akan dibawa saat melawan Bahrain pun mayoritas bukan pemain utama diklubnya masing-masing.

Untuk itulah, Aji merasa anak-anak asuhnya harus diberikan kesempatan lebih banyak dalam menjalani sebuah pertandingan-pertandingan penting. Dan pelatih yang juga mantan kapten dan punggawa timnas Indonesia era 1990, merasa yakin jika ada dari beberapa pemain yang ditanganinya saat ini mempunyai prospek cerah dimasa yang akan datang.

"Tidak bisa dalam waktu singkat, langsung menilai tim ini akan bagus. Tapi saya yakin banyak dari mereka yang memiliki kemampuan yang sangat bagus. Sekarang saya harus lebih teliti, jeli dalam memilih pemain. Apalagi disaat masa-masa persiapan yang tidak banyak seperti saat ini," paparnya.

Agenda lengkap pun sudah dibuat pelatih kelahiran Malang, 6 April 1970, tersebut. Setelah 3 Februari mengumumkan delapan nama hasil seleksi. Antara tanggal 16 atau 18 Februari, Aji akan mengumpulkan ke-18 pemain untuk memulai pelatihan di Batu, Malang, Jawa Timur. Setelah beberapa pekan menyatukan tim, tanggal 26 Februari Timnas Merah Putih langsung terbang ke Bahrain dan bermain pada 29 Februari.

Tidak hanya itu, Aji pun berencana akan meneruskan tim ini sampai keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2013 Myanmar. Rencananya, setelah usai menjalani laga PPD, Aji akan kembali menjalani proses penyeleksian dan akan diambil sekitar 15 pemain untuk menjalani pelatihan di timnas U-23. Pemain yang sempat membela Arema FC Malang kala masih aktif menjadi pemain ini menuturkan, dirinya ingin mematangkan tim asuhannya sebelum berlaga di SEA Games 2013.

"Setelah dari Bahrain, saya akan kembali memanggil beberapa pemain. Rencananya kami akan kembali melakukan seleksi sampai didapatkan sekitar 15 pemain. Kami ingin coba berikan kesempatan kepada sekitar 15 pemain baru untuk latihan bersama dengan timnas U-23," tandas Aji.

Jadwal Timnas PPD, jelang laga kontra Bahrain ;

30 Januari : Memulai proses penyaringan 31 pemain untuk dapatkan 8 pemain.

3 Februari : Pengumuman 8 nama pemain

16/18 Februari : Training Camp (TC) 18 pemain yang akan dibawa ke Bahrain.

26 Februari : Berangkat ke Bahrain

29 Februari : Bermain melawan Bahrain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar