Selasa, 01 November 2011

OPTIMISME TIMNAS U-23

Perjuangan tim nasional (timnas) U-23 Indonesia di SEA Games 2011 baru mulai sepekan lagi. Namun, semangat tarung dan optimisme anak asuh Rahmad ’RD’ Darmawan sudah membara sejak kini. 


Bersaing di Grup A pada fase penyisihan yang dianggap poolberat,semua itu juga tak membuat punggawa skuad muda Merah Putihkhawatir. Seluruh pemain enjoydan menikmati masa penantian mereka menuju laga perdana pada Senin (7/11) ketika bertemu Kamboja. Harmonisnya hubungan antara semua pemain dengan pelatih serta ofisial timnas U-23,merupakan alasan amunisi skuad muda Merah Putih tak beban menuju pelaksanaan kewajiban di SEA Games 2011.

Apalagi RD mampu menciptakan suasana tim yang kondusif sehingga seluruh komponen di timnas U-23 sangat kompak. Salah satu punggawa lini depan timnas U- 23,Titus John Londow Bonai,juga mengakui kalau dia dan rekan-rekannya tanpa beban jelang tampil di SEA Games.Pemain depan milik Persipura Jayapura ini senang dengan yang ditanamkan RD selama persiapan.

Modal tim yang punya hubungan harmonis diakuinya membuat semua pemain senang dan santai. ”Kami semua sadar,jika lawan-lawan di Grup A nantinya adalah tim-tim yang berkualitas.Tapi kami tidak ingin terpengaruh dengan itu.Karena tim ini juga mempunyai kelebihan yang siap kami tunjukkan nanti,”tegas Tibo,sapaan Titus, usai menjalani latihan timnas U-23, kemarin.

Titus mengakui,optimisme harus terus mereka jaga sebagai modal untuk berjuang pada ajang dua tahunan edisi ke-26 ini. Apalagi,sasaran timnas U-23 adalah meraih emas setelah status juara terakhir kali diraih Indonesia pada cabang olahraga (cabor) sepak bola pada 1991 silam. ”Saya yakin kami bisa berbuat banyak nanti.Sebab,tim ini sudah sangat kompak, antara pemain yang satu dengan lainnya.

Tidak hanya dengan sesama pemain, dengan pelatih pun kami mempunyai kedekatan yang sangat erat.Saya rasa itu modal yang sangat penting buat tim ini,” lanjutnya. Komentar sama juga diucapkan rekan Titus di lini depan,Syamsir Alam.Pemain yang baru gabung timnas U-23 itu yakin mereka mampu jadi yang terbaik.

Selain Kamboja,juara bertahan Malaysia,tim langganan juara Thailand, serta Singapura adalah lawan-lawan yang harus dihadapi timnas U-23.Namun,dengan segala persiapan yang ada,RD pun merasa pasukannya sudah sangat siap tempur menghadapi empat pesaingnya itu. ”Semua persiapan sudah berjalan baik dan pemain tetap dalam kondisi serta motivasi yang bagus.

Suasana dalam tim juga kondusif,saya harap ini bisa dipertahankan sampai akhir.Semua ini yang ingin kami terus jaga.Dan bisa dilihat,saya terus melakukan simulasi kepada seluruh pemain,”kata RD. Dalam latihan kemarin,hanya diikuti 24 pemain.Tiga pemain timnas U-23 seperti Ferdinand Alfred Sinaga,Mahadirga Lasut, dan Lukas Mandowen telah meminta izin tidak ikut berlatih dengan alasan pribadi yang sangat mendesak.

”Hari ini (kemarin) ada tiga pemain yang absen,tapi semua atas izin saya.Untuk Dirga dan Ferdinand,mereka mendampingi istri di rumah sakit.Lukas kebetulan ada masalah keluarga dan saya izinkan.Masalah Lukas sangat privasi dan tidak mungkin saya katakan. Mereka pun cuma izin hari ini (kemarin),besok (hari ini) sudah bisa bergabung,”ungkap mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Selain ada pemain yang terpaksa absen di latihan perdana setelah menjalani liburan di Anyer,ada juga beberapa nama yang masih berlatih terpisah.Egi Melgiansyah dan Ramdhani Lestaluhu mengalami cedera ringan saat uji coba dengan Timor Leste, Selasa (25/10),harus latihan terpisah.

”Untuk Egi dan Ramdhani,kondisi mereka sudah membaik.Mereka tadi sudah ingin bermain,tapi kami harus berkoordinasi dengan pelatih fisik dulu soal kondisi mereka.Mungkin besok (hari ini) sudah bisa ikut gabung latihan,”tutur RD. Selain menerangkan soal kondisi terakhir timnya,RD juga membahas soal lawan pertama timnas U-23,Kamboja.

Pelatih yang sempat sukses bersama Sriwijaya FC (SFC) dan Persipura ini menyatakan, anak asuhnya menganggap tidak ada lawan yang mudah. ”Kamboja salah satu tim yang akan tampil dan di SEA Games semua tim sama saja.Tahun lalu menganggap remeh Laos dan ternyata kami kalah.Jadi,saya tidak bisa meremehkan Kamboja,bagi saya semua lawan sama.Saya ingin semua pemain harus tampil serius menghadapi Kamboja atau siapa pun lawannya,”tegasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar