Sabtu, 26 November 2011

RD : Tak Seharusnya PSSI Batasi Timnas Harus dari Kompetisi Tertentu

Pemain dalam Garuda Muda yang baru-baru ini melawan Malaysia dalam laga final SEA Games 2011 sebagian besar terancam tidak dapat masuk dalam Skuad timnas dikarenakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melarang para pemain yang mengikuti Liga Super Indonesia (ISL) dan hanya akan memanggil para pemain yang berlaga di Indonesian Premier League (IPL) ke timnas. Rahmad Darmawan, pelatih Skuad Garuda Muda tersebut pun unjuk suara.

Rahmad mengatakan PSSI tak seharusnya membatasi timnas harus hanya dari kompetisi tertentu. Skuad timnas, katanya lagi, harus berdasarkan kebutuhan tim, bukan karena pemain bermain di liga tertentu yang disetujui PSSI. “Pemain itu harus bisa dipanggil berdasarkan kebutuhan tim, bukan karena si A dari sana dan si B dari sini,” katanya. Jika PSSI membatasi pelatih timnas hanya boleh memanggil para pemain yang berlaga di liga tertentu, maka itu sama saja mengintervensi kewenangan pelatih, katanya lagi. “(Pelatih) harus diberikan satu kewenangan yang luas untuk menentukan pemain terbaik.”

Jika timnas harus diisi dari liga tertentu, dia melanjutkan, akan merugikan timnas itu sendiri. Karena itu, seharusnya PSSI memberi kesempatan seluasnya kepada masyarakat untuk masuk ke timnas. “Kalau (pembatasan) itu terjadi, akan sangat menyedihkan buat pelatih dan pemain. Mudah-mudahan bisa didengar para petinggi yang mengurus sepak bola,” katanya.

Para pemain yang terancam tidak bisa masuk dalam skuad timnas karena berlaga di ISL antara lain Titus Bonai (Persipura), Patrich Wanggai (Persidafon), Lucas Mandowen (Persipura), Diego Michiel (Pelita Jaya), Hasyim Kipuw (Pelita Jaya), Ramdhani Lestaluhu (Pelita Jaya), dan Egi Melgiansyah (Pelita Jaya).

Pembatasan yang dilakukan PSSI akan sangat merugikan Indonesia untuk bisa berkibar di kancah sepakbola. Setidaknya, akan membatasi ruang gerak dalam memilih pemain terbaik seperti yang disuarakan oleh RD. Untuk itu, perlu ada pertimbangan yang matang jika PSSI benar-benar ingin memajukan persepakbolaan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar