Minggu, 27 November 2011

Tampines Rovers Gantikan Persipura di Liga Champion Asia 2012

ersipura Jayapura akhirnya benar-benar kehilangan jatah mereka untuk berlaga di ajang Liga Champions Asia (LCA). Menurut, Saleh Ismail Mukadar, AFC memilih jawara Singapura, Tampines Rovers untuk menggantikan tim Mutiara Hitam.

Kegagalan Persipura tampil di LCA ini tak terlepas dari keengganan mereka untuk berlaga di Indonesian Premier League (IPL).

"Jatah Persipura sudah hangus saat mereka menolak untuk berlaga di kompetisi resmi PSSI, IPL. Karena, hal tersebut sudah menjadi aturan dari AFC dan tidak bisa digantikan oleh klub lain dari Indonesia yang sudah didaftarkan. AFC pun mengundang wakil dari Singapura untuk menggantikan tempat Persipura," terang Deputi Sekjen PSSI Bidang Kompetisi, Saleh Mukadar, kepada Bola.net.

Jika melihat hasil Liga Singapura (S-League) musim lalu, Tampines Rovers, sepertinya yang akan menggantikan Persipura. Dengan begitu, wacana Arema yang akan naik menggantikan posisi Persipura tidak menjadi kenyataan.

Sebelumnya, pada musim 2009, Singapore Armed Force FC lolos dari babak play-off LCA saat itu, mereka mengalahkan wakil Indonesia, PSMS Medan dengan skor 2-1 di final play-off. PSMS akhirnya harus puas berlaga di Piala AFC.

Lebih jauh menurut Saleh, yang membuat jatah klub Indonesia berkurang di LCA dan Piala AFC lantaran hasil penilaian AFC terhadap klub-klub Indonesia memang jauh di bawah penilaian negara peserta lainnya. Indonesia mendapatkan nilai 238, sedangkan nilai negara lainnya rata-rata di atas 700.

"Nilai kita di AFC kemarin tinggi karena tipu-tipu (kebohongan). AFC merasa tidak ada peningkatan yang berarti terkait lisensi klub profesional dari waktu ke waktu yang telah diberikan kepada klub Indonesia. Untuk itu, kami tetap bertekad untuk memulai kompetisi dengan kondisi yang riil saat ini agar bisa berkembang ke depannya," sambungnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar