Sabtu, 19 November 2011

Kunci Kemenangan Indonesia atas Vietnam 2-0

Pelatih tim nasional U-23 Rahmad Darmawan membuka rahasia kemenangan timnya 2-0 atas Vietnam di semifinal SEA Games 2011 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 19 November 2011. 

“Kami memainkan pressing football, permainan cepat dan tidak memberikan ruang pada lawan untuk berkembang,” kata Rahmad kepada wartawan usai pertandingan. 

Menurut Rahmad, strategi itu harus dimainkan saat menghadapi tim kuat seperti Vietnam. “Makanya saya ingin anak-anak melakukan tekanan di zona mereka. Dan itu sukses,” kata pelatih yang musim lalu menangani klub Persija Jakarta di Liga Super Indonesia itu.

Namun, Rahmad mengatakan dengan menerapkan strategi bermainan seperti itu energi yang dibutuhkan pemain juga sangat banyak. Sehingga untuk persiapan menghadapi Malaysia di final nanti, kata dia, harus mulai memikirkan pemulihan stamina pemain mulai besok. “Mulai besok kami akan melakukan latihan pemulihan,” ujarnya.

Rahmad berharap penampilan Titus Bonai dan rekan-rekannya yang sangat bagus pada laga ini tidak menjadi antiklimak pada final nanti. “Malam ini, saya akan bicara pada para pemain untuk melupaka kemenangan hari ini karena ini belum selesai. Saya akan minta pemain untuk istirahat dan makan dengan baik,” katanya. 

Mengenai strategi menghadapi Malaysia, Rahmad mengatakan kemungkinan akan melakukan rotasi beberapa pemain apalagi jika cedera yang dialami kapten tim nasional U-23 Egi Melgiansyah ternyata serius. Selain itu, dia juga berencana akan kembali menerapkan sebagian strategi seperti yang diterapkan malam ini. “Kemungkinan ada beberapa pemain yang harus dikunci,” katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar