Sabtu, 19 November 2011

ISL Diikuti 18 Klub

PT Liga Prima Indonesia Sportindo ( PT LPIS) dan PT Liga Indonesa ( PT LI) sama-sama terus bermanufer menyiapkan kompetisi sepakbola kasta tertinggi tanah air. Sehari setelah LPIS merilis jadwal lanjutan Indonesian Premier League (IPL), kemarin PT LI menggelar managers meeting ISL. pertemuan dilakukan di salah satu hotel di Jakarta. 


Managers meeting diikuti oleh 18 klub (lihat grafis dibawah). Menariknya sebagian klub yang hadir adalah klub-klub yang sebelumnya diklaim oleh LPIS bakal mengikuti kompetisi IPL. Seperti Persipura "Jayapura, Sriwijaya FC, dan Persidafon Dafonsoro.

Dalam rilis jadwal IPL yang disebar ke media tercantum jika laga lanjutan IPL setelah "cuti" 40 hari paska kick off antara Persib Bandung dan Semen Padang pada 15 Oktober lalu di Stadion Jalakharupat Bandung adalah antara tuan rumah Persipura menjamu Arema di Stadion Mandala pada 26 November lusa.

Padahal pada tanggal itu Stadion Mandala masih digunakan sebagai tempat pertandingan final turnamen pramusim Inter Island Cup 2011. Persipura Jayapura adalah salah satu tim yang lolos ke semifinal Inter Island Cup 2011 dan berpeluang besar lolos ke final. Semifinal Inter Island Cup akan dilangsungkan pada 24 November juga di Stadion Mandala.

PT LI sendiri menjadwalkan kick off ISL musim 2011/2012 pada 1 Desember mendatang. Dua pekan setelah itu PT LI memulai gelar Divisi Utama. PT LPIS juga berencana menggelar kick off Divisi Utama pada sekitar tanggal yang sama. Pekan lalu PT LPIS sudah menggelar managers meeting Divisi Utama di Hotel kartika Chandra Jakarta. pertemuan dihadiri sekitar 37 klub.

Tapi saat itu tidak semua level managers yang datang. Ada yang diwakili Bendahara, sekretaris dan elemen klub lainnya. Sama seperti haknya yang di ISL, klub-klub yang diklaim PT LPIS bakal mengikuti kompetisi Divisi Utama versi mereka ternyata juga merapat ke PT LI. ITu terlihat dari banyak tim Divisi Utama yang hadir dalam pertemuan dengan PT LI yang dihelat di Surabaya empat hari lalu.

"Kami PT Liga Indonesia siap menggelar kompetisi ini sesuai permintaan klub. Sebagai lembaga yang pernah menyelenggarakan kompetisi ini selama bertahun-tahun, tidak ada masalah dengan regulasi yang diperlukan," ujar CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono.

Selain dihadiri perwakilan 18 klub, pertemuan manajer juga dihadiri oleh empat orang anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yakni Robertho Rouw, Toni Apriliani, Erwin Budiawan dan La Nyalla Mattalitti.

Komitmen untuk mengikuti kompetisi ISL dikemukakan klub-klub yang hadir. Diantaranya Manajer Sriwijaya FC Hendri Zainuddin. " "Dari sejak sebelumnya kita melihat kompetisi ini betul-betul berkualitas dan profesional. Ke-18 tim ini memang pantas menghuni kompetisi level teratas sesuai dengan prosedur yang ada," ujarnya.

Sementara Komite Eksekutif PSSI Erwin Budiawan mengatakan, tak ada hal yang akan menjadi kendala dalam penyelenggaraan kompetisi profesional ini, terkait dengan Bidang Alih Status dan Transfer Pemain, Bidang Kompetisi, Perwasitan dan Bidang Keamanan."Semua perangkat yang dibutuhkan untuk digelarnya kompetisi cukup," ujarnya. Direktur Utama Persija Ferry Paulus juga mengaku bahwa kompetisi ini akan berjalan eksis dan tanpa hambatan.

Persija juga percaya bahwa dukungan penonton dan suporter Persija akan berada di perhelatan ISL. Persija tidak khawatir dengan dualisme yang terjadi di dalam internal Persija. Menurut Ferry, semua komponen pendukung yang valid dan sesuai dengan keaslian Persija berada di dalam timnya. " Kita lihat saja nanti, eksistensi akan menjawab semuanya. Kita optimis bahwa kami memang Persija yang asli,"jelasnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar