Sabtu, 26 November 2011

Bernhard Limbong : Pemain Naturalisasi Haram

Penanggungjawab timnas Indonesia, Bernhard Limbong, menegaskan bahwa pihaknya tidak lagi akan melakukan naturalisasi terhadap pemain sepakbola berkewarganegaraan di luar Indonesia. "Selama saya menjadi penangung jawab timnas, saya haramkan naturalisasi," tegasnya di kantor PSSI, Selasa (22/11/2011).

Hal itu disampaikan Limbong mengomentari status Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo yang kini telah resmi menjadi WNI, setelah diangkat sumpah pada 10 Oktober 2011, bulan lalu. Namun ternyata hingga kini tenaga kedua pemain itu masih belum bisa pakai untuk membela timnas, lantaran belum adanya surat pernyataan atau rekomendasi dari federasi sepakbola Nigeria bahwa kedua tak pernah membela timnas negara itu. "Saya semakin bulat, tidak perlu naturalisasi. Contohnya Greg dan Victor yang sudah resmi jadi WNI. Tapi secara de facto mereka tidak bisa membela timnas Indonesia," ungkapnya.

"Sampai sekarangpun keduanya belum bisa bermain untuk membela Indonesia," tandas Limbong.

Menurut Limbong, lebih baik Indonesia memprioritaskan pemain lokal yang mempuni dengan skill bagus. "Saya ingin bangsa ini bangga menggunakan putra daerah untuk membangun bangsa," sergahnya.

Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo bersama Tonnie Harry Cussel, Stefano Lilipaly dan Jhonny Rudolf van Beukering telah diambil sumpah di Kanwil Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkunham) dan berpeluang bisa membela timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Namun belakangan muncul permasalahan menyusul belum adanya surat resmi dari federasi sepakbola Nigeria (khusus untuk Greg dan Victor) yang menyatakan kedua tidak pernah bermain di timnas Nigeria. "Untuk apa kita susah-susah naturalisasi kalau akhirnya tidak bisa membela timnas," pungkas Limbong.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar