Sabtu, 26 November 2011

PSSI Ancam Cabut Tiket Persipura ke Liga Champions Asia

Persipura Jayapura terancam kehilangan tiket kereka untuk tampil di ajang Liga Champion Asia (LCA) 2012. Hal tersebut terkait pilihan klub asal Papua tersebut untuk tampil di kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang dikelola PT Liga Indonesia, bukan Indonesia Premier League (IPL) yang diakui resmi PSSI.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus.

"Ada dua opsi untuk hal tersebut. Pertama bisa dihanguskan jatahnya. Yang kedua kami ganti dengan klub lain yang sudah didaftarkan ke AFC" kata Sihar Sitorus kepada Bola.net.

Sihar menyebutkan, sejauh ini PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), pengelola IPL, telah mendaftarkan empat klub ke AFC yakni, Persipura, Arema Indonesia, Persija Jakarta dan Semen Padang, itu berdasarkan hasil kompetisi ISL musim 2010/2011.

"Tapi kami harus berkonsultasi lagi dengan AFC, apa yang harus kami lakukan jika menghadapi kasus seperti ini," tukasnya.

Persipura memang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di playoff LCA. Sementara Arema Indonesia akan tampil di babak utama Piala AFC. Hal tersebut di beberkan CEO PT LPIS, Widjajanto.

Jatah klub Indonesia untuk berlaga di kompetisi Asia baik di LCA dan Piala AFC memang berkurang dari musim sebelumnya. Menurut Widjajanto, kuota Indonesia saat ini jadi satu jatah untuk ikut playoff LCA dan satu tiket langsung babak utama AFC 2012.

Sebelumnya, pada musim 2011, Indonesia mendapatkan satu tiket langsung ke babak utama LCA, satu jatah play-off LCA, dan satu tiket langsung ke babak utama Piala LCA.

Widjajanto menyebutkan lagi, hasil tersebut diputuskan berdasarkan penilaian index AFC, serta hasil lisensi persyaratan klub profesional yang telah dilakukan AFC ke setiap anggota asosiasinya beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar