Jumat, 11 November 2011

SEA Games 2011: Indonesia Taklukkan Singapura

Mengenakan jersey putih-hijau, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Singapura. Baru satu menit berjalan skuad asuan Rahmad Darmawan langsung unggul satu gol melalui kaki Patrich Wanggai.

Gol cepat  tersebut berawal dari kesalahan bek Singapura yang salah mengantisipasi bola lambung. Titus Bonai yang berada tidak jauh dari bola dapat memanfaatkan situasi tersebut dan dia dengan tenang mengirim bola kepada Wanggai yang mampu mencetak gol setelah melewati kiper Singapura, Mohamad Izwan, terlebih dahulu.

Tertinggal satu gol, Singapura harus rela bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-23 setelah Neil Vanu harus diusir wasit karena tertangkap memukul Dirga Lasut.

Unggul satu pemain membuat Indonesia lebih leluasa menguasai permainan di babak pertama ini, beberapa peluang didapat oleh skuad asuhan Rahmad Darmawan tersebut, dan gol tambahan berhasil didapat di menit ke-36, melalui aksi individu Titus Bonai yang diakhiri dengan tendangan kaki kanannya yang menghujam sudut kanan bawah gawang Singapura.



Pada babak kedua, Indonesia mencoba langsung menggebrak. Dalam waktu lima menit, skuad asuhan Rahmad Darmawan mendapatkan dua peluang untuk menambah gol, sayang peluang-peluang tersebut kandas di lini pertahanan Singapura.

Pertandingan sempat terhenti sejenak, setelah terjadi insiden yang melibatkan Haris Harrun dengan Oktovianus Maniani dan Wanggai. Pada menit ke-53, Singapura berhasil memanfaatkan kelengahan Indonesia usai insiden tersebut, beruntung Kurnia Meiga dengan gemilang menepis bola hasil tendangan dari Khairul Nizam.

Indonesia tampak mengendurkan serangan mereka, hal tersebut membuat anak asuh Slobodan Pavkovic lebih menguasai permainan. Singapura mencoba memperkecil kedudukan melalui tendangan-tendangan jarak jauh, namun pertahanan Indonesia masih tetap kokoh sehingga kedudukan 2-0 tetap bertahan.

Pada menit ke-67, Indonesia memiliki peluang untuk memperlebar kedudukan setelah Diego Michiels dilanggar sedikit di luar kotak penalti. Namun sayang bola eksekusi Wanggai masih tepat ke arah Izwan.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia memilih tampil bertahan sehingga Singapura terlihat lebih mendominasi. Singapura hampir berhasil memperkecil kedudukan di menit ke-87, melalui tendangan bebas kapten Harris Harun, beruntung bola hanya menerpa tiang gawang yang dikawal oleh Meiga.

Di sisa waktu yang ada, Indonesia berhasil mempertahankan kedudukan 2-0 hingga peluit panjang berbunyi. Peluang terakhir Singapura, di dapat oleh Nizam melalui tendangan spekulasi dari jarak jauh, namun tendangan tersebut masih terlalu mudah untuk Meiga.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia kokoh di puncak klasemen grup A dengan perolehan enam poin dari dua laga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar