Jumat, 11 November 2011

Selamat Tinggal Piala Dunia

 Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Dunia 2014 Brasil setelah kembali menelan kekalahan atas Qatar dengan empat gol tanpa balas dalam laga lanjutan kualifikasi Putaran Ketiga Pra Piala Dunia Zona Asia, di Al Sadd Stadium, Jumat (11/11).

Setelah tertinggal dua gol di babak pertama melalui gol Khalvan Ibrahim dan Muhammad Razak, pelatih Wim Rijsbergen akhirnya memasukkan Cristian Gonzales di awal babak kedua. Masuknya El Loco yang menggantikan Tony Sucipto ini sedikit membuat serangan Indonesia meningkat.

Tepat pada menit ke-62 Indonesia mendapatkan peluang emas ketika Boaz Solossa berdiri bebas di sisi kiri kotak penalti Qatar. Sayangnya, tendangannya memanfaatkan umpan Firman Utina itu masih tipis di kiri gawang tim tuan rumah tersebut.

Semenit usai peluang tersebut, Garuda Merah Putih harus kembali kebobolan ketika Khalvan Ibrahim yang menerima umpan through pass gagal dikejar Zulkifli Sukur. Ia pun dengan leluasa melepaskan tembakan dari depan kotak penaltiHendro Kartiko. Tendangan Khalvan tepat mengarah pojok kanan gawang Indonesia untuk memperlebar kedudukan mereka menjadi 3-0.

Indonesia tetap mencoba bangkit untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, Qatar cenderung lebih bertahan setelah keluarnya Khalvan dan mempersulit Indonesia. Qatar bahkan mampu menambah gol mereka melalui Sebastian Andres Quintana yang lolos dari jebakan offside. Usai menaklukkan Purwaka, pemain naturalisasi Uruguay itu pun kembali membuat sisi kanan gawangHendro Kartiko menjadi sarang berakhirnya bola. Skor 4-0 pun menyudahi laga ini.

Kekalahan ini kian membenamkan Indonesia di dasar klasemen Grup E dengan tanpa sekalipun meraih kemenangan dari 4 laga yang telah dijalani. Garuda Merah Putih pun harus mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Dunia 2014 dan mengubur mimpi untuk ke Brasil.

Sementara Qatar, mereka berpeluang lolos ke babak selanjutnya. Perolehan 8 poin mereka itu sama dengan poin Iran, yang di laga lain ditahan seri Bahrain 1-1. Iran tetap memuncaki klasemen karena memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Qatar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar