Rabu, 02 November 2011

Timnas U-19 Gebuk Macau 3-0

Penampilan tim nasional Indonesia U-19 meningkat tajam setelah berhasil menggebuk Macau 3-0 di laga pembuka penyisihan grup kualifikasi Kejuaraan Asia di Stadion MBPJ Petaling Jaya, Rabu, 2 November 2011. 

Sebelumnya, Manahati Lestusen Cs ditahan seri tanpa gol Cina. Tampil di kandang lawan, timnas tampil dominan sejak pluit tanda dimulainya babak pertama dibunyikan. 

Kerja sama apik Vava Mario Yagalo dan Abdul Rahman Lestaluhu kerap merepotkan barisan pertahanan Macau. Variasi serangan kian hidup dengan aksi individu Sadek Sanaky hingga memaksa pemain belakang Macau membuang bola ke luar lapangan.

Sayang, dominasi selama babak pertama tidak dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh pemain timnas. Hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama ditiup wasit Ko Hyung Jin dari Korea, kedudukan masih sama kuat 0-0.

Di babak kedua, pelatih Timnas U-19, Cesar Manuel Payovich Perez memutuskan agar timnya menyerang total. Dia mendorong Arief Gangsar Patar ke depan. Hasilnya, baru satu menit babak kedua berjalan, Novri Setiawan berhasil menjebol gawang Macau yang dijaga Ho Man Fai.

Skuad Garuda Muda berhasil menggandakan kemenangan di menit 62, setelah Abdul Rahman Lestaluhu berhasil memanfaatkan umpan matang yang dikirim rekan-rekannya dari lapangan tengah.

Mimpi buruk Macau bertambah lengkap setelah wasit mengeluarkan kartu kuning kedua kepada gelandang bertahannya Lei Chi Kuan di menit 75 karena menjatuhkan pemain Indonesia. 

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh pemain timnas. Pada menit ke 78, Abdul Rahman Lestaluhu kembali memaksa Ho Man Fai memungut bola dari gawangnya.

Pelatih Macau, Leung Sui Wing mengakui keunggulan Indonesia atas anak asuhnya. “Pemain kami sudah berusaha optimal, namun Indonesia memang lebih baik,” ujarnya. 

Ia menilai, Cina, Indonesia, dan Australia adalah tim tangguh di grup ini. "Sepak bola sebenarnya masih belum begitu populer di kota kecil kami,” imbuhnya.

Sebaliknya, pelatih Payovich Perez menyambut gembira kemenangan anak asuhnya. “Hari ini kami akan menikmati kemenangan ini dulu. Besok anak-anak sudah harus berlatih untuk menyiapkan diri menghadapi pertandingan penting lainnya,” jelas Cesar.

Selanjutnya, timnas U-19 akan menghadapi tim tangguh Australia di Stadion MBPJ Petaling Jaya, Selangor, 6 November mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar