Selasa, 01 November 2011

4 Pemain Pilihan LPI Akan Berangkat ke Madrid

Badan Liga Pendidikan Indonesia menyelenggarakan "LIPIO Camp" yang akan berlangsung mulai 31 Oktober hingga 6 November 2011 di komplek Bumi Perkemahan Cibubur. Sekitar 99 pemain U-15 yang terpilih dari 23 provinsi di Indonesia akan mengikuti pelatihan sekaligus ajang seleksi untuk mendapatkan delapan pemain. Mereka adalah para pemain pilihan dari kompetisi Liga Pendidikan Indonesia (LPI) musim 2010-11 lalu.

Selanjutnya, delapan pemain tersebut harus mengikuti pelatihan hingga lima atau enam bulan di sekolah Ragunan hingga seleksi berikutnya. Empat dari delapan pemain tersebut akan dipilih kemudian untuk diterbangkan ke Madrid, Spanyol dan bersekolah sepak bola di sana tahun depan.
Menurut Ketua LPI, Toho Cholik Mutohir, kegiatan ini merupakan tindak lanjut yang sesuai dengan komitmen LPI sebelum kompetisi yang lalu di mulai. Selain untuk meningkatkan kualitas, 99 pemain ini juga akan ditingkatkan rasa solidaritasnya.

"Nantinya, para anak-anak akan ditangani oleh pelatih PSSI. Selain akan diterbangkan ke Madrid, produk LPI ini akan kami serahkan kepada PSSI untuk bibit tim nasional usia muda," ujar Toho kepada wartawan, Senin (31/10/2011).

Toho menjelaskan ada dua kriteria soal pemilihan pemain yang ikut LIPIO Camp. Kriteria pertama berdasarkan data soal kompetensi, keahlian dan kemampuan yang didapat oleh pihak LPI dari kompetisi.

"Kita sudah mempunyai data tersebut," ujar Toho.
Kriteria kedua, lanjutnya, melalui pemantau khusus dari PSSI. "Gabungan dua kriteria ini yang menjadi dasar penilaian kami," tambahnya lagi.

Pihak PSSI sendiri mendukung diadakannya kegiatan ini. Wakil Sekretaris Jenderal, Tondo Widodo, mengatakan PSSI berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu pilar PSSI untuk mengusahakan pembinaan usia muda berjalan dengan baik ke depannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar