Rabu, 02 November 2011

Kompetisi Liga Indonesia Tak Jelas Mengganggu Kondisi Fisik Pemain Timnas

Pelatih Kepala Timnas Wim Rijsbergen menilai kondisi pemain Tim Nasional Senior Indonesia belum maksimal sehingga digenjot latihan fisik.

"Kami sangat menyayangkan kompetisi Liga Indonesia belum berjalan, karena memengaruhi kondisi fisik pemain menjadi tidak terlatih," kata Wim di Stadion Manahan Solo, Rabu (2/11).

Ia menjelaskan, dengan terkendala kondisi stamina pemain yang tidak prima tersebut, maka pelatih mengenjot latihan fisik kepada para pemain.

Selain itu, Firman Utina dan kawan-kawan juga diberikan latihan game dengan peragaan kerja sama permainan.

"Belum berjalannya kompetisi membuat kondisi stamina pemain berbeda-beda," kata Wim.

Menurut dia, calon lawannya Qatar dan Iran pada laga grup E Pra Piala Dunia 2014, kompetisi di negaranya sudah berlangsung sehingga kondisi stamina pemain bisa stabil.

Namun, Timnas kondisi fisik pemainnya berbeda-beda karena ada klub yang sudah melakukan pemanasan seperti pertandingan pra musim bersama timnya.

Oleh karena itu, pelatih menerapkan latihan dengan mengimbangi kondisi fisik pemain dengan porsi game.

Sementara timnas yang melakukan pemusatan latihan di Stadion Manahan Solo, hari ini atau hari kedua tidak diikuti dua pemain naturaliasasi Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo.

Menurut Wim, Greg dan Victor Igbonefo tidak mengikuti latihan bersama pemain lainnya, karena keduanya sedang mengurus surat administrasi untuk persyaratan pendaftaran ke Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Kedua pemain wajah baru itu sedang menyelesaikan administrasi agar bisa dibawa ke Qatar, 11 November 2011, katanya.

"Kedua pemain itu, memiliki kemampuan yang baik. Keduanya setiap tampil membela klubnya sering bermain bagus dan rajin," katanya.

Selain itu, Greg dan Victor setelah bergabung dengan Timnas proses adaptasi cukup cepat sehingga mereka kelihtan sudah padu dengan teman lainnya.

"Mereka sudah saling bertemu dan mengenal dalam kompetisi di negara ini," kata Pelatih Kepala Timnas asal Belanda itu.

Menurut Manajer Timnas Senior Indonesia Ferry Kodrat, timnas melakukan pemusatan latihan di Stadion Manahan Solo hingga Minggu (6/11). Rombongan Timnas kemudian berangkat ke Doha, Qatar, Senin (7/11).

Menurut dia, Timnas akan menghadapi Qatar, Jumat (11/11), dilanjutkan sebagai tuan rumah menjamu Iran di Jakarta, 15 November 2011.

Mengenai pemain naturalisasi diharapkan administrasi sudah dapat diselesaikan, sehingga keduanya dapat memperkuat timnas saat menghadapi Qatar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar