Kamis, 01 Desember 2011

Disayangkan, Persipura Tak Bisa Tampil Di Liga Champions Asia

Sejak awal memang sudah diprediksi kalau wewenang untuk menyelenggarakan kompetisi dan juga menentukan klub untuk ikut kompetisi di level Asia berada di tangan PSSI. PSSI akhirnyatidak mendaftarkan Persipura untuk ikut Liga Champions Asia karena ikut kompetisi Superliga Indonesia (ISL) 2011/12.

"Sebagai seorang mantan pemain Persipura memang saya sangat menyayangkan terjadinya peristiwa ini. Persipura tidak ikut di kompetisi LCA 2011/12," tutur Nico Dimo, wakil sekretaris Pengprov PSSI Papua



Dia menambahkan, sejak awal pihaknya sudah memberikan saran dan masukan agar Persipura tetap konsisten mengikuti kompetisi yang bernaung di bawah PSSI. "Tetapi sayang seribu sayang, semua usulan dan masukan tak digubris," tutur Nico Dimo.

Dimo yang juga mantan penjaga gawang Persipura era 1980-an ini mengingatkan jangan sampai Persipuramania kecewa kalau tim kesayangan mereka ternyata tidak bisa ikut kompetisi level Asia. Padahal, lanjut Nico Dimo, tingkat permainan Persipura semakin meningkat dan sudah mengasah kemampuan ke level Asia. "Peristiwa ini jelas disayangkan," tutur Nico Dimo.

Wakil ketua Bidang Kompetisi PSSI M Usman Fakaubun yang datang ke Jayapura untuk menyaksikan pertandingan antara Persipura dan Arema Indonesia juga tak bisa berbuat banyak.

Usman hanya mengatakan, semua kejadian dan peristiwa gagalnya kompetisi Indonesia Liga Prima (IPL) di Papua akan dilaporkan kepada PSSI dan terserah bagaimana Komisi Disiplin PSSI yang akan memberikan keputusan



Namun, ketua umum Persipura Tommy B Mano mengatakan, Persipura bisa mengikuti kompetisi level Asia karena prestasi dan hasil kerja keras. Kini Persipura tengah berkompetisi di ISL dan bertanding melawan Persiba dan Gresik United.

Ketua Panpel Persipura Fachruddin Pasolo mengatakan, ISL merupakan kompetisi legal dan dilindungi karena Persipura telah mengantungi  surat keputusan dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para Persipuramania untuk mendukung sepakbola di Indonesia dan tidak boleh saling mengklaim kompetisinya legal dan yang lain ilegal.

Persipura pernah gagal mengikuti LCA setelah juara Liga Indonesia 2005. Kegagalan itu bukan kesalahan Persipura tetapi kesalahan non teknis. Sekretaris jenderal PSSI Nugraha Besoes saat itu mengakui kesalahan berada di pihak PSSI sebagai organisasi. Kini gara-gara ikut kompetisi ISL 2011/12, Persipura kembali harus dicoret tampil di LCA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar