Minggu, 11 Desember 2011

Sriwijaya FC Klub Terbaik di Indonesia Versi IFFHS


Laskar Wong Kito ternyata lebih baik dari juara Indonesia Super League (ISL) 2010-2011, Persipura Jayapura.
Data klub terbaik ini, dilansir oleh lembaga Internasional Federation of Football History & Statistics (IFFHS) yang rutin mengeluarkan daftar peringkat klub dunia.
Berdasarkan data peringkat klub dunia per 1 Desember 2011, tim kebanggaan Sumsel ini berada di peringkat 247 dunia, sementara Persipura Jayapura berada di peringkat 261 dunia.
Dari peringkat 500 besar klub di dunia, hanya SFC dan Persipura yang termasuk dalam peringkat, sementara klub Indonesia lainnya belum masuk dalam daftar peringkat.
Posisi SFC ini lebih baik dari periode sebelumnya. Sebelumnya Kieth Kayamba dkk berada di peringkat 252 dunia atau lima peringkat lebih rendah dari peringkat saat ini. Saat ini nilai yang dikumpulkan SFC adalah 77,0 dan termasuk dalam kategori baik.
Presiden klub SFC Dodi Reza Alex Noerdin menyambut baik peringkat terbaru SFC yang dirilis IFFHS yang diakui dunia. Menurutnya, tidak mudah untuk masuk dalam peringkat IFFHS karena banyak criteria yang dinilai.
”Prestasi SFC selama ini, menjadi penilaian IFFHS untuk menentukan peringkat. Kita bersyukur peringkat terbaru kita lebih baik dari sebelumnya. Yang lebih membanggakan lagi, peringkat kita terbaik di Indonesia, bahkan lebih baik dari juara Liga musim lalu Persipura Jayapura. Bahkan Arema Indonesia tidak masuk dalam 500 peringkat klub terbaik dunia,” kata Presiden Klub SFC Dodi Reza Alex Noerdin.
Menurut Dodi prestasi ini perlu ditingkatkan oleh SFC, baik dalam kompetisi domestik maupun internasional.
“Kita harapkan SFC bisa lebih baik lagi, agar peringkat kita bisa lebih baik,” harap Dodi.
SFC juga tercatat lebih baik dari klub seri A liga Italia Fiorentina FC yang duduk di posisi 254 dunia, Kaisarlautern Jerman di peringkat 269 dunia, Aston Villa 285 dunia, Genoa peringkat 300 dunia, Bolton Wanderes peringkat 315 dunia, dan beberapa klub asal Eropa lainnya.
Namun peringkat SFC akan turun pesat, jika SFC mengikuti kompetisi tidak resmi seperti Persipura Jayapura.
Sementara itu, 10 besar klub terbaik dunia, pertama adalah juara Liga Champions musim lalu FC Barcelona dengan nilai 332, kemudian disusul Real Madrid di posisi dua dunia dengan nilai 316. Posisi tiga ditempati tim asal Argentina Velez Sarsfield dengan nilai 279.
Disusul Manchester United di peringkat empat dengan nilai 267, kemudian FC Porto diposisi lima mengumpulkan nilai 256. Untuk posisi enam ditempati oleh Manchester City yang mengumpulkan nilai 245.
Posisi tujuh ditempati Bayern Munchen dengan nilai 239, diikuti Inter Milan di posisi depalan dengan nilai 232, FC Schalke peringkat sembilan dengan nilai 231 dan Santos dari Brazil di posisi sepuluh dengan nilai 226.
Direktur Keuangan Sriwijaya FC, Augie Bunyamin mengatakan banyak prestasi yang dihasilkan SFC selama ini, jadi wajar kalau SFC menjadi klub terbaik tanah air.
”Musim lalu kita belum berhasil meraih juara Liga Indonesia, tetapi peringkat kita bisa lebih baik dari Persipura. Musim ini kita targetkan menjadi juara Liga Indonesia, agar peringkat kita bisa lebih baik. Target kita bagaimana agar SFC bisa masuk peringkat 100 besar dunia,” ujar Augie.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar