Jumat, 23 Desember 2011

Dicoret PSSI, Persipura Bakal Ikut Liga Oceania

Persipura Jayapura bakal mengikuti liga negara-negara Oseania atau Australasia, sebuah benua yang terdiri dari banyak negara, bila saja dikeluarkan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Langkah itu akan diambil sebagai protes kepada PSSI bila tidak mau mengakomodasi klub-klub yang menginginkan perubahan untuk sepak bola Tanah Air. “Wacananya bergabung bersama liga negara-negara Oseania, bukan Australia. Ini kalau tidak ada peluang Persipura berada terus di bawah PSSI,” kata La Sya, Ketua Harian Persipura Jayapura, Kamis 22 Desember 2011.

Dia mengatakan memang sulit dan pasti bertentangan dengan aturan umum bahwa sebuah klub negara lain boleh ikut berlaga di kompetisi negara berbeda. “Tapi mau bagaimana lagi, wacana itu bisa saja. Ini hanya satu jalan keluar yang dipikirkan,” ujarnya.

Menurutnya, bila jadi bergabung, nuansa politis antara Papua dan negara-negara Oseania akan makin terasa. “Jika tidak diterima di Indonesia, ya gabung saja dengan mereka. Tapi tentu ini akan sangat berat karena akan dilihat penuh nuansa politis, tapi dengan cara ini kami bisa lebih baik,” katanya.

Oseania ataupun Australasia merupakan benua yang terdiri dari negara-negara seperti Australia, New Zealand, Papua New Guinea, dan negara Kepulauan Pasifik, di antaranya Fiji, Nauru, Kribati, Tahiti, Samoa, Palau, dan banyak lagi.

Oseania merupakan benua dengan luas daratan terkecil dengan jumlah penduduk kedua terkecil setelah Antartika. “Kompetisi di sana lebih teratur dan profesional. Kami kan maunya ikut liga yang benar-benar profesional.”

Mantan Kapten Persipura era tahun 90-an, Fernado Fairyo, mengatakan rencana tersebut tidak salah. “Liga di sana lebih berbobot, pemain Persipura juga tidak kalah sama pemain negara lain,” katanya

Baginya, dengan berada di kompetisi negara berbeda, Persipura bisa menilai lagi kemampuannya bertarung. “Kalau di Indonesia kita sudah tahu kemampuan klub lain, tapi saya kira wacana ini baik untuk Persipura menjajal kekuatan tim negara lain. Kenapa tidak kalau badan atau organisasi sepak bola di Asia atau dunia mengizinkan itu,” ujar dia.

Kabar Persipura akan ke liga negara-negara Oseania datang setelah tim juara Indonesia Super Liga 2010/2011 itu dijegal bertarung di Liga Champions Asia. Persipura juga dipastikan akan mendapat sanksi karena membelot dari Liga Prima Indonesia ke ISL.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar