Sabtu, 05 November 2011

Publik Optimistis Timnas Juara SEA Games


Survei yang dilakukan Developing Countries Study Center (DCSC) Indonesia menunjukkan masyarakat tak yakin timnas Indonesia bisa menuju Piala Dunia, namun optimistis merebut juara SEA Games.
Kesimpulan tersebut didapat dari hasil survei berjudul “Persepsi Publik Terhadap Tim Nasional, PSSI, Peluang di Sea Games dan Pra Piala Dunia 2014” yang dilakukan pada periode 12-20 Oktober kepada 1200 responden di 33 provinsi.
Hasil survei tersebut dirilis oleh Zaenal A Budiyono, Executive Director DCSC Indonesia, yang juga menjabat sebagai deputi staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada INILAH.COM.
Liga Indonesia tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, meski liga-liga Eropa memenuhi layar televisi setiap tengah pekan maupun akhir pekan. Sebanyak 50,8% responden menonton Liga Indonesia dan hanya 20,6 perse menyaksikan Liga Inggris.
63,7 % responden menilai positif penampilan timnas senior dikancah Kualifikasi Piala Dunia 2014 dan 31,9% menilai buruk. Pun demikian, 45,1% tidak yakin Timnas akan lolos ke Brasil. Hanya 23,0% yang percaya timnas bisa membalikkan keadaan dalam tiga laga tersisa.
Publik juga menilai positif kebijakan pemain naturalisasi. 57,1% mendukung langkah tersebut, sementara 10,1% tidak setuju. Mayoritas mengatakan kebijakan tersebut bisa memacu pemain lokal untuk tampil lebih bagus.
Jika timnas senior berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2014, timnas dibawah usia 23 tahun akan berlaga di ajang multieven paling bergengsi se-Asia Tenggara, SEA Games 2011, yang digelar di Jakarta dan Palembang.
Terkait hal ini, 43,1% responden optimistis pasukan yang dibesut Rahmad Darmawan itu bisa meraih emas, sementara ada sekitar 14,5% yang mengaku tak yakin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar