Selasa, 03 April 2012

Liga Champions Dua Penalti Messi Bantu Barca Singkirkan Milan

Bookmark and Share   
Barcelona - Barcelona melenggang ke babak semifinal Liga Champions usai mengalahkan AC Milan 3-1. Pada pertandingan tersebut, Lionel Messi mencetak dua gol melalui tendangan penalti.
Penalti pertama datang di menit kesepuluh, setelah Luca Antonini melakukan pelanggaran terhadap Messi di dalam kotak penalti. Sedangkan yang kedua lahir setelah Alessandro Nesta menarik baju Sergio Busquets.
Milan, yang kalah dominan dan hanya memenangi 39% penguasaan bola, hanya mampu membalas lewat satu gol Antonio Nocerino. Di babak kedua, mereka tak banyak mendapatkan peluang dan kesulitan untuk mengejar ketertinggalan dari tuan rumah di babak pertama.
Di sisi lain, dominasi Barca juga tampak pada perolehan jumlah tembakan mereka. Gerard Pique dkk. menciptakan 21 tembakan, di mana delapan di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Milan hanya tiga dan cuma satu yang tepat sasaran.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung Rabu (4/4/2012) dinihari WIB, baik Barca atau Milan langsung menerapkan tempo tinggi pada permainan masing-masing. Los Cules langsung mendapatkan peluang di menit keempat. Messi sendirian menggiring bola dari tengah lapangan sebelum akhirnya melepaskan tembakan begitu sampai ke kotak penalti Milan.
Hasilnya? Bola masih bisa dihalau dengan mudah oleh Christian Abbiati. Enam menit berselang, Barca akhirnya membobol gawang Milan. Berawal dari pelanggaran Luca Antonini pada Messi, wasit Bjorn Kuipers langsung menunjuk titik putih dan memberikan kartu kuning pada Antonini. Pemain-pemain Milan sempat memprotes keputusan Kuipers, namun penalti tetap diberikan.
Messi kemudian mengeksekusi tendangan itu dengan tenang. 1-0 untuk Barca. Milan akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-32 melalui tendangan Antonio Nocerino. Zlatan Ibrahimovic menjadi pemberi assist untuk gol ini. Operan Ibra ke arah kanan diterima oleh Nocerino yang berlari masuk ke dalam kotak penalti Barca. Lewat sebuah sepakan mendatar, Nocerino pun berhasil menaklukkan Victor Valdes.
Tapi, Barca kemudian mendapatkan tendangan penalti lagi di menit ke-42. Kali ini lantaran Alessandro Nesta menarik baju Sergio Busquets.  Hasilnya? Messi kembali melakukan eksekusi tendangan dengan tenang. Sementara Abbiati bergerak ke arah yang salah. Barca pun unggul 2-1 tiga menit menjelang turun minum.
Tak lama setelah turun minum selesai, Barca menambah keunggulannya atas Milan. Kali ini giliran Andres Iniesta yang merobek jala Abbiati. Tendangan Messi sempat membentur bek Milan, namun akhirnya jatuh di kaki Iniesta. Lewat sebuah sepakan kaki kanan, Iniesta pun dengan tenang mengirimkan bola masuk ke gawang Rossoneri.
Barca tak banyak mendapatkan peluang emas setelahnya. Xavi Hernandez, yang menorehkan angka akurasi passing hingga 89% di laga ini, akhirnya digantikan oleh Thiago Alcantara di pertengahan babak kedua. Barca melenggang ke semifinal dengan agregat 3-1 dan akan bertemu dengan pemenang antara Chelsea vs Benfica.

Susunan Pemain

Barcelona: Valdes, Mascherano, Pique (Adriano 75), Puyol, Alves, Busquets, Fabregas (Keita 78), Xavi (Thiago 63), Iniesta, Messi, Cuenca.

AC Milan: Abbiati, Mexes, Nesta, Antonini, Abate, Ambrosini, Boateng (Pato 69, Maxi Lopez 83), Seedorf (Aquilani 61), Nocerino, Ibrahimovic, Robinho.

sumber : detiksport.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar