Rabu, 29 September 2010

Info Sepakbola | FIFA Perbarui Sistem Transfer Demi Masa Depan Pemain Muda

Blatter-FIFAFIFA akan segera menerapkan aturan baru tentang sistem transfer pemain di seluruh dunia. Dengan berbasis online yang lebih transparan ini juga membantu melindungi pemain muda dibawah usia 18 tahun.

Sistem yang diberi nama Transfer Matching System (TMS) ini telah diuji oleh FIFA di 18 negara sejak Februari 2008 lalu dan terus berkembang. Saat ini TMS sudah melibatkan 3633 klub yang diberlakukan untuk membuat otoritas sepakbola dapat melihat lebih rinci setiap transfer yang terjadi.

Dalam praktiknya, setiap klub yang terlibat dalam sebuah transfer harus memasukkan rincian yang sama termasuk akun-akun di bank, jumlah uang, waktu dan pembayaran, disertai dengan dokumen seperti dokumen identitas dan kontrak, atau transfer itu akan diblok.

"Ini adalah momen bersejarah untuk sepakbola. TMS adalah sistem online yang relatif simpel tapi ini akan memberikan dampak luar biasa untuk transfer internasional para pemain," ujar Presiden FIFA Joseph S. Blatter, seperti tertuang dalam rilis yang diterima detikSport.

"Yang terpenting adalah ini meningkatkan transparansi transaksi dari seorang pemain dan membantu kami mencegah masalah-masalah seperti pencucian uang dan juga perlindungan terhadap pemain-pemain muda dalam sebuah transfer," lanjut Blatter.

Menyoal transfer pemain muda, TMS memang diniatkan untuk memiliki peran yang penting. Dengan memiliki catatan mengenai riwayat si pemain, sistem itu bisa digunakan untuk memastikan bahwa kompensasi yang tepat diterima oleh sebuah klub yang sudah melatih para pemain muda tapi kemudian kehilangan si pemain yang pergi ke klub lain.

Selain itu, sistem tersebut juga telah diadaptasi untuk membantu FIFA mengurangi transfer pemain internasional di yang masih di bawah umur.

Salah satu kasus mengenai transfer pemain ini sendiri pernah melibatkan Chelsea. Klub Inggris itu sempat dihukum FIFA tak boleh melakukan transfer pemain sebagai buntut dari perselisihan transfer Gael Kakuta, saat ini 19 tahun, yang digaet dari klub Prancis tahun 2007 silam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar