Jumat, 28 Oktober 2011

RD Sudah Temukan Kerangka Akhir Timnas U-23

Tensi tinggi skuad tim nasional Indonesia U-23, dipastikan menjadi saat kembali beruji coba. Kali, lawan yang dipilih adalah kontestan Divisi Utama, Persikota Tangerang, di Stadion Pelita Krakatau Steel, Cilegon, Banten, Jumat (28/10).

Tensi tinggi tersebut dipicu pelatih Rahmad Darmawan yang berencana melakukan eliminasi terhadap skuadnya usai laga uji coba terakhir tersebut. RD -panggilan Rahmad Darmawan- hanya akan membutuhkan 23 pemain untuk tampil dan merebutkan medali emas di ajang SEA Games XXVI/2011, Jakarta dan Palembang, 11-22 November. Sedangkan tim nasional Indonesia kini memiliki sebanyak 27 pemain. Alhasil, sebanyak empat pemain akan 'menjadi korbannya'.

"Memang, sejauh ini saya puas dengan perkembangan yang ditunjukkan pemain di semua lini. Tapi, saya sangat berharap ada peningkatan bagus di sisa waktu yang ada," terang RD kepada Bola.net.

Sebenarnya, sebelum laga uji coba kontra Timor Leste, 5-0, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (25/10), RD mengaku sudah menemukan kerangka timnya. Nah, jika mencermati 15 laga uji coba yang telah dilalui, pemain semisal Kurnia Meiga, Abdul Rahman, Egi Melgiansyah, Andik Vermansyah dan Oktavianus Maniani, dipastikan menjadi pilihan utama RD.

Demikian juga dengan trisula Patrick Wanggai, Yongky Aribowo, dan Titus Bonai, total sudah mengoleksi 17 gol. Selain memberikan isyarat mengenai kerangka tim, kemampuan pemain tampil di beberapa posisi juga juga menjadi pertimbangan khusus bagi RD. Terutama, pemain yang mampu beroperasi di lini belakang dan tengah.

Hasilnya, kemungkinan besar, Septiahadi dan Diego Michiels tersisih dari persaingan di lini belakang mengecil. Sebabnya, kedua pemain tersebut mampu bermain sebagai bek tengah, bek kiri, hingga gelandang bertahan. Praktis, pemain seperti Jajang Sukmara (Persib Bandung) dan Anak Agung Wahyu Trisnajaya (Persija Jakarta) berpeluang besar dicoret dari Pelatnas U-23.

Di lini tengah, peluang pemain Persela Lamongan, Hendro Siswanto dan striker mungil Persipura Jayapura, Lucas Mandowen juga kecil. Keduanya memang terlihat kalah bersaing dengan pemain yang kalah pengalaman seperti Johan Juansyah, Mahardiga Lasut dan juga Zulham Zamrun. Selain itu, menit mereka bermain saat melakukan uji coba juga sangat minim.

Kondisi sebaliknya dialami pemain yang baru bergabung dengan tim nasional Indonesia, Yericho Christiantoko dan Syamsir Alam lebih terbuka lebar. Ini disebabkan karakter bermain keduanya yang berbeda dengan pemain lainnya yang menempati posisi yang sama.

"Gaya bermain Syamsir bisa dikatakan mirip Bambang Pamungkas. Dia handal dalam menjaga dan melindungi bola dari kakinya," tutup RD.

Perkiraan Skuad Timnas U-23:
Penjaga Gawang: Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Rivki Mokodompit.

Belakang: Hasim Kipauw, Abdul Rahman Sulaeman, Gunawan Dwi Cahyo, Septia Hadi, Diego Michiels, Yericho Christiantoko, Stevie Bonsapia.

Tengah: Egi Melgiansyah, Johan Juansyah, Mahardiga Lasut, Joko Sasongko, Oktovianus Maniani, Andik Vermansyah, Zulham Zamrun, Ramdani Lestaluhu.

Depan: Patrick Wanggai, Ferdinand Alfred Sinaga, Yongky Aribowo, Titus Bonai, Syamsir Alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar