Jumat, 28 Oktober 2011

RD: Kualitas Timnas U-23 Menurun

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia, Rahmad Darmawan, menilai kualitas timnya menurun saat melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa sore, 24 Oktober 2011.

Skuad Garuda menang dengan skor 5-0 di laga itu. Kendati demikian, Rahmad mengaku kurang puas. Ia melihat kinerja timnya yang menurun dibandingkan saat melawan Mitra Kukar dan Persiba Bantul.

"Ada penurunan kualitas permainan dibandingkan dengan dua uji coba kita sebelumnya. Harus kita akui kita menang, tapi ada penurunan kualitas baik dari sisi intensitaspassing, intensitas kombinasi serangan, dan juga kesabaran pemain dalam melakukan ball possesion dan kapan harus penetrasi. Kita kelihatan canggung hari ini," kata Rahmad seusai pertandingan.

Kelima gol tim Merah-Putih dilesatkan Abdurrahman, Ferdinand Sinaga, Patrick Wanggai, Egi Melgiansyah, dan Syamsir Alam. Meski kurang puas, RD mencoba mengambil hikmah dari laga ini.

"Kita bersyukur kita masih punya uji coba hari ini sehingga paling tidak ini akan menjadi pelajaran bagi pemain untuk pertandingan sesungguhnya," jelas mantan pelatih Persija Jakarta tersebut.

Saat melawan Mitra Kukar dan Persiba, timnas kebobolan tiga gol. Adapun dalam partai ini timnas U-23 mampu menjaga clean sheet. Namun, bagi RD partai ini tak bisa menjadi tolak ukur terkait peningkatan kinerja lini belakang timnya.

"Saya pikir sulit untuk menilai lini pertahanan kali ini karena lawan memang tidak begitu sering menekan kita. Lawan lebih sering bermain dengan mengandalkan satu pemain di depan. Selebihnya kita menang dalam jumlah orang. Tapi, disiplin pemain ketika melakukancover, ketika mereka hilang bola dan ketika satu pemain melakukan tekanan terhadap lawan, itu memang terlihat jalan hari ini."

"Tentu saya tidak puas dan ingin membenahi, terutama kalau kita bertemu pemain-pemain lawan yang cepat, pasti akan berbeda. Karena, jujur pemain lawan hari ini tidak terlalu cepat," tuntas RD. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar