Senin, 31 Oktober 2011

Menghadapi Qatar, Waktu Latihan Timnas Kurang dari Seminggu

Para pemain tim nasional (timnas) senior yang akan berlaga menghadapi tim Qatar dalam ajang prakualifikasi Piala Dunia 2014 hanya punya waktu kurang dari seminggu untuk mempersiapkan diri. Sebab kegiatan latihan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, baru dimulai Selasa, 1 November 2011.

Menurut Koordinator Timnas, Bob Hippy, tiga hari sebelum jadwal pertandingan melawan Qatar timnas sudah harus terbang ke negara tersebut.

Skuad timnas sebenarnya dijadwalkan tiba di Solo, Senin, 31 Oktober 2011. Namun ketika sampai di Solo pun pemain timnas tidak langsung menggelar latihan. Pelatih Wim Rijsbergen kemungkinan baru akan memimpin latihan secara efektif, Selasa, 1 November 2011.

Dengan demikian Bambang Pamungkas dan kawan-kawan hanya memiliki waktu berlatih enam hari sebelum menantang Qatar, Jumat, 11 November 2011. Padahal mereka ditargetkan harus memetik poin penuh jika ingin lolos dari babak penyisihan.

Bob mengatakan sebenarnya Bambang Pamungkas dan kawan-kawan memiliki peluang menggelar uji tanding melawan Oman sebelum menghadapi Qatar. Tawaran kepada Oman sudah pernah dilayangkan, tapi sampai saat ini belum ada jawaban. "Kemungkinan batal," kata Bob kepada Tempo, Minggu, 30 Oktober 2011.

Saat ini Indonesia berada di posisi buncit Grup E di bawah Bahrain, Qatar, dan Iran. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan kalah dalam tiga pertandingan beruntun. Indonesia ditekuk 0-3 oleh Iran, kemudian kalah 0-2 melawan Bahrain. Saat menantang Qatar di kandang sendiri di Gelora Bung Karno, Indoneia juga takluk dengan skor 3-2.

Selain menantang Qatar, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan juga akan menjamu Iran, Selasa, 15 November 2011 di Gelora Bung Karno, dan menantang Bahrain di kandang mereka 25 Februari 2012.

Dari sisa tiga pertandingan tersebut, pelatih Wim Rijsbergen harus mampu membawa anak asuhnya memetik poin penuh jika ingin lolos ke babak berikutnya.

Untuk memperkuat timnas, menurut Bob, Pelatih Wim Rijsbergen bisa memasukkan dua pemain naturalisasi, yakni Greg Nwokolo dan Victor Igbonef. Keduanya saat ini siap bermain. ”Keduanya akan membuat timnas lebih kokoh.”

Juru bicara timnas, Dessy Christina, mengatakan daftar skuad timnas yang akan mengikuti latihan di Solo belum bisa dipublikasikan karena belum fix terkait satu-dua pemain. ”Kalau sudah oke, baru dirilis (publikasi)," ucapnya tanpa menjelaskan lebih terperinci mengapa daftar skusd timnas belum fix.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar