Jumat, 28 Oktober 2011

Ini Alasan Timnas Panggil 3 Pemain Naturalisasi

Kendati peluang tim nasional Indonesia untuk maju ke fase terakhir kualifikasi Zona Asia sudah mengecil tapi semangat tak surut. Walau telah menggenggam tiga kali kekalahan beruntun, skuad Garuda Merah-Putih masih ingin melawan.

Bentuk perlawanan itu ialah timnas berencana mengundang seleksi paling tidak tiga pemain yang telah dinaturalisasikan menjadi warganegara Indonesia. Mereka diharapkan memperkuat PSSI Senior menjalani tiga laga sisa di Grup E Zona Asia untuk Piala Dunia Brasil 2014.

"Kami akan memanggil tiga pemain naturalisasi: Viktor Igbonefo, Greg Nwokolo, dan Jhonny van Beukering. Viktor, Jhonny, dan Greg saat ini telah memperkuat klub di Indonesia," ucap Liestiadi, asisten pelatih timnas senior, kepada okezone di Eat Out Cafe, Karebosi Link, Makassar, Rabu (26/10/2011).

Mengapa hanya tiga naturalisasi yang dipanggil?

Liestiadi menjawab, memang masih ada beberapa pemain naturalisasi lainnya. Namun para pemain itu saat ini masih bermain memperkuat klub-klub di Liga Eropa dan A-League (Australia). Dikhawatirkan, jadwal yang kurang sinkron antara kepentingan klub dengan pertandingan PSSI Senior akan menjadi kendala mereka memenuhi panggilan ke timnas.

"Timnas tentu akan mengalami kesulitan tersendiri bila hendak mengundang mereka yang memperkuat klub-klub di luar negeri untuk datang ke Indonesia. Selain itu, pelatih Wim Rijsbergen juga menilai sebagian pemain yang memperkuat timnas saat ini masih layak dipertahankan, terutama untuk beberapa posisi kunci," sambung Liestiadi.

Saat itu di timnas sudah ada satu pemain naturalisasi yakni Cristian Gonzales. Striker kelahiran Uruguay itu terbukti mampu jadi bintang baru di skuad Garuda Merah-Putih.

Timnas sendiri akan mulai pemusatan latihan pada 31 Oktober di Solo. Setelah itu, 11 November mendatang Bambang Pamungkas dkk akan melawan Qatar di Doha dalam laga serial keempat Grup E Zona Asia Pra Piala Dunia 2014.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar