Rabu, 10 Februari 2010

Liga Itali | Giliran UEFA Hukum Mutu

Adrian+Mutu
Hukuman yang diterima Adrian Mutu pasca gagal tes doping meluas. Setelah Komite Olimpiade Italia (CONI) memberikan larangan bertanding, kini giliran UEFA yang memberikan hal serupa.

Kasus Mutu terkait dengan konsumsi zat Sibutramina, sebuah zat ilegal yang berguna untuk meng-counter rasa lapar tersebut, masih terus dikaji hingga saat ini. Selama periode itu dia mendapat hukuman larangan bertanding sementara di ajang domestik.

Fiorentina, tim pemilik Mutu, sebelumnya masih memiliki sepercik harapan untuk dapat memainkan pesepakbola asal Rumania ini ajang knockout di Liga Champions versus Bayern Munich pada tengah pekan depan. Namun asa itu seketika kandas setelah UEFA belakangan turut menghukum si pemain.

"Hal ini mengikuti keputusan yang diberikan oleh Ketua Komisi Disiplin FIFA pada tanggal 3 Februari untuk memperpanjang larangan bermain yang memiliki efek cukup luas untuk durasi hukuman sementara yang dikeluarkan oleh asosiasi," begitu pernyataan dalam situs resmi UEFA.

Mutu sendiri terancam hukuman empat bulan hingga delapan tahun jika telah dinyatakan bersalah. Kasus terkait obat-obatan terlarang ini bukan kali pertama baginya.

Pada tahun 2004, dia menggemparkan media-media Inggris setelah kedapatan menggunakan kokain. Mendapat hukuman selema tujuh bulan, dia pun dipecat dari Chelsea dan membuatnya sampai saat ini terlilit hutang dengan 'Si Biru' sampai sekarang terkait dengan kasus tersebut.

Kepastian kegagalan tes doping ini tentunya sangat disayangkan karena Mutu tengah mendekati performa terbaiknya kembali setelah sempat mendapat cedera di awal musim. Sepanjang musim 2009/10, dia telah mencetak empat gol dari 11 penampilannya di musim ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar