Kamis, 10 Mei 2012

Dinaturalisasi, Van Dijk dan Joey Suk Gabung Timnas PSSI Versi La Nyalla

Dua pemain sepak bola asal Belanda,Serginho 'Sergio' Van Dijk dan Joey Suk, direncanakan melakukan sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada awal Juni mendatang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Nama Sergio, pemain asal Liga Australia, klub Adelaide United dan Joey asal klub Belanda, Go Ahead Eagles, sudah lama menjadi bidikan untuk mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia versi KPSI yang dilatih Alfred Riedl untuk persiapan Piala AFF 2012 nanti.

"Seraya menunggu keputusan Satuan Tugas (Satgas) AFC dan FIFA mengenai penyelesaian dualisme kompetisi dan asosiasi pada 15 Juni mendatang, kami terus menyiapkan Timnas yang diasuh Alfred Riedl," terang mantan Ketua Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Iman Arif, kepada Bola.net.

"Sergio dan Joey rencananya secara resmi saya panggil awal Juni ini untuk menjadi WNI. Proses sumpah dulu, lalu menyusul proses paspor dan KTP serta administrasi lainnya," lanjut Iman.

Iman menambahkan, bahwa untuk menjadi WNI membutuhkan proses yang cukup panjang. Bahkan, proses tersebut memakan waktu 6 sampai satu tahun.

"Karena, harus ada surat dari Menpora dan Menhukham. Selain itu, harus ada rekomendasi dari Sesneg, dan tanda tangan Presiden," ujarnya.

Menurut Iman, prestasi mentereng yang ada pada kedua pemain tersebut, menjadi alasan utama pihaknya tertarik untuk melakukan naturalisasi.

Sergio, merupakan pemain yang ikut program naturalisasi yang dilakukan BTN PSSI era Nurdin Galid. Pemain berdarah Indonesia-Belanda tersebut memulai karirnya sepak bola pada tahun 2000. Selanjutnya, pria kelahiran Assen, Belanda 6 Agustus 1982, juga malang melintang di beberapa klub asal Belanda, seperti Groningen, Helmond Sport, Emmen, Brisbane Roar, dan sekarang main untuk Adelaide United.

Sementara Joey Suk, merupakan warga negara Belanda-Indonesia, kelahiran Deventer, Overijssel, Belanda, 8 Juli 1989. Ia berposisi sebagai gelandang dan bermain untuk klub Go Ahead Eagles dan pernah bermain untuk Tim Nasional U-23 Indonesia.

Iman juga mengakui, jika ke depannya tidak akan ada lagi pemain yang di naturalisasikan. Setelah striker Pelita Jaya, Jhonny Van Beukering, kelahiran Velp, Belanda, 29 September 1983. Kemudian Stefano Janite Lilipaly, kelahiran Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990, kemudian striker Pelita Jaya FC.Gregory Junior Nwokolo, kelahiran Enugu, Nigeria, 3 Januari 1986.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar