Senin, 28 Mei 2012

Awal Juni, Sergio Bersumpah Jadi WNI

Penyerang Adelaide United yang sedang dalam proses naturalisasi, Sergio van Dijk, direncanakan datang ke Jakarta pada awal Juni 2012. Di Jakarta, Sergio akan bersumpah menjadi warga negara Indonesia. Sebelumnya, beberapa kali penyerang keturunan Belanda itu batal menjadi WNI karena beberapa pertimbangan.

"Benar, Sergio akan datang ke Indonesia untuk ambil sumpah pada pekan pertama Juni,” kata mantan Ketua Badan Tim Nasional Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia era Nurdin Halid, Iman Arif, kepada Tempo, Senin, 28 Mei 2012. “Saat ini kami masih mempersiapkan dan mengumpulkan semua berkas yang dibutuhkan,"

Iman mengungkapkan rencana pengambilan sumpah Sergio beberapa kali mundur akibat situasi sepak bola Tanah Air yang tidak kondusif. Ia pun berharap rencana pengambilan sumpah pada awal Juni nanti terlaksana sehingga Sergio bisa memperkuat Merah-Putih.

Selain mengurusi Sergio, Iman juga tengah mengupayakan kedatangan Joey Suk, pemain keturunan Belanda lainnya yang saat ini bermain di Go Ahead Eagles di divisi dua Liga Belanda. "Mudah-mudahan saja. Saya sedang mengatur sehingga Joey Suk juga bisa mengambil sumpah di waktu yang bersamaan dengan Sergio, pekan pertama Juni," Iman menambahkan.

Kabar mengenai rencana pengambilan sumpah menjadi WNI itu berawal dari kicauan Sergio van Dijk di akun Twitter pribadinya, @serginhovandijk, Senin siang, 28 Mei 2012. Di kicauan itu, Sergio mengutarakan rencananya akan ke Indonesia pekan pertama Juni untuk mengambil sumpah. "Minggu pertama bulan Juni, bikin sumpah WNI. Sekarang ada menunggu Pak Arif, mengatur harinya," ujar Sergio di Twitter pribadinya.

Pada awalnya, Sergio van Dijk dan Joey Suk direncanakan mengambil sumpah WNI akhir tahun lalu, bersamaan dengan Stefano Lilipaly, Toni Cusell, Jhonny Van Beukering, Greg Nwokolo, dan Victor Igbonefo, tetapi batal. Jika Sergio dan Joey menjadi warga negara Indonesia, mereka akan menjadi pemain naturalisasi keturunan Belanda keenam dan ketujuh yang dimiliki Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar