Sabtu, 10 April 2010

La Liga | Menangi El Clasico, Barca ke Puncak


Barcelona sukses membungkam tuan rumah Real Madrid dalam laga El Clasico dengan skor 2-0. Raihan poin penuh tersebut membawa El Barca kembali bertakhta di puncak klasemen.

Dalam duel yang dihelat di Santiago Bernabeu, Minggu (11/4/2010) dinihari WIB itu, Barca meski tampil sebagai tim tamu mampu menguasai jalannya pertandingan. Ini terbukti dari ball possesion sebesar 55 persen dipegang Barca berbanding 45 persen milik Madrid.

Hasilnya Lionel Messi membawa Barca unggul pada babak pertama lewat golnya pada menit ke-33. Dan Pedro Rodriguez menggandakan keunggulan timnya di menit ke-57.

Dengan hasil ini Barca secara mutlak menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 80 poin, unggul tiga dari rival beratnya itu. Dan itu jadi kemenangan keempat beruntun Barca dalam dua musim terakhir atas El Real serta yang kedua musim ini.

Bagi Madrid kekalahan ini tidak serta merta menutup peluangnya jadi juara, namun dengan keunggulan head to head yang dimiliki Barca, setidaknya tim asuhan Manuel Pellegrini itu tertinggal sedikit dalam perburuan titel juara yang tersisa tujuh pekan lagi.

Kedua tim langsung memainkan tempo tinggi sejak menit awal. Madrid yang begitu ngotot memburu kemenangan mengambil inisiatif penyerangan awal.

Namun, pergerakan bola lebih banyak di tengah yang diwarnai adu teknik dan fisik antara kedua kubu. Laga pun berjalan panas dengan hadirnya dua kartu kuning untuk tuan rumah dan tiga untuk tim tamu.

Tapi Barcalah yang unggul lebih dulu di menit ke-33 kerjasama satu dua Xavi Hernandez dan Messi di depan kotak penalti diakhiri dengan umpan lambung Xavi ke Messi. Dan Messi pun menggapainya serta mengecoh Raul Albiol yang mengawalnya sebelum menceploskan bola ke jala Iker Casillas dengan kaki kanannya.

Pada menit ke-55 umpan terobosan Gonzalo Higuain menemui Cristiano Ronaldo di sisi kanan pertahanan Barca dan CR9 melepaskan sepakan kaki kiri yang masih tepat ke pelukan Victor Valdes.

Pedro! Pemain muda binaan Barca ini berhasil menggandakan keunggulan Barca di menit ke-57. Menerima umpan terobosan di sisi kiri pertahanan Madrid, Pedro pun berlari ke kotak penalti dan setelah lepas dari kawalan Arvalo Arbeloa, Pedro menyepak bola dengan kaki kirinya dan Casillas tak mampu menggapainya.

Dua menit setelahnya Madrid menyerang pertahanan Barca. Bola terobosan guti kepada Rafael van der Vaart dan kemudian gelandang Belanda itu melepaskan tembakan keras yang masih bisa diselematkan oleh Valdes.

CR9 kembali membuat peluang pada menit ke-69 setelah akselerasinya di sayap kiri diakhirnya dengan tendangan keras ke tiang dekat namun masih tertahan oleh kaki Valdes.

Messi lagi-lagi menebar ancaman bagi gawang Casillas pada menit ke-72 setelah menerima umpan datar Xavi. Kembali Albiol tak mampu mengawal Messi dan untung Casillas masih bisa mempertahankan tendangan kaki kiri Messi.

Enam menit sesudanya, kolaborasi Xavi dan Messi nyaris membuat seisi stadion bungkam. Messi yang lolos dari jebakan offside usai mendapat umpan lambung Xavi berdiri bebas di kotak penalti. Ia pun menendang bola dengan kaki kirinya dan Casillas dengan sigap menghadangnya.

Raul Gonzalez pada menit ke-86 sebenarnya mampu menjebol gawang Valdes tapi dianulir oleh wasit Manuel Mejuto Gonzales. Ternyata terjadi handsball lebih dulu sebelum bola jatuh ke kaki Raul dan Karim Benzema jadi terdakwanya.

Hingga 90 menit laga usai, skor 2-0 tetap terpampang di scoreboard dan Barca pun berhak melangkahi Madrid di puncak klasemen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar