Sabtu, 24 April 2010

Hasil Pertandingan | Imbang, Arsenal Out dari Persaingan Juara


Arsenal gagal meraih hasil maksimal di kandangnya sendiri saat menjamu Manchester City. Bermain 0-0, The Gunners dipastikan terdepak dari persaingan menjadi juara Liga Inggris.

Hasil imbang dengan City melanjutkan catatan buruk Arsenal, yang membuat mereka gagal menang dalam tiga pertandingan terakhir. Di dua laga sebelumnya, 'Gudang Peluru' kalah mengejutkan atas Tottenham Hotspur dan Wigan Athletic.

Total poin yang dikumpulkan Robin van Persie saat ini adalah 72, terpaut tujuh poin dengan Manchester United di puncak klasemen menyusul kemenangan 3-1 atas Spurs beberapa jam lalu. Dengan hanya ada dua pertandingan tersisa di Liga Inggris, Arsenal dipastikan tak akan mampu mengejar The Red Devils.

Kegagalan memetik kemenangan juga layak disesali The Citizens. Soalnya tambahan satu poin tak cukup mengantar mereka kembali ke posisi empat klasemen, tempat terakhir untuk mendapat tiket Liga Champions musim depan.

Cuma terpaut satu poin dengan Spurs, anak didik Roberto Mancini masih punya peluang lolos ke Liga Champions musim depan.

Jalannya Pertandingan

Di Emirates Stadium, Minggu (25/4/2010) dinihari WIB, lewat Robin van Persie, Arsenal menggebrak di menit awal. Menusuk ke kotak penalti, sepakan pesepakbola Belanda itu dari sudut sempit diblok Kolo Toure dan menghasilkan tendangan sudut yang pertama.

The Gunners mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Namun tak ada peluang yang benar-benar matang bisa dikreasikan. Pun begitu dengan City, yang setelah melewati 15 menit mulai bisa mengimbangi ball possession tuan rumah.

Sebuah tendangan bebas Samir Nasri di menit 19 lagi-lagi tak membahayakan gawang karena datangnya pelan dan masih dekat dengan jangkauan kiper Shay Given. Tekanan tuan rumah berlanjut melalui tendangan Theo Walcott dari luar kotak penalti, namun bola sama sekali tak mengarah ke gawang.

Sebuah tendangan ke gawang, yang tepat sasaran, akhirnya bisa dilakukan pemain Arsenal melalui Nasri di menit 38. Dari dalam kotak penalti, sepakan gelandang Prancis itu dimentahkan Given tanpa banyak kesulitan.

Sementara kans terbesar City datang melalui Patrick Viera saat dia mencoba melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti mengejar umpan Craig Bellamy. Namun belum sempat berbuat banyak, Sol Campbell dengan lugas menekelnya.

Di awal babak kedua, 'Gudang Peluru' berusaha meningkatkan tempo. Namun laga baru benar-benar beritme tinggi dan memanas setelah Emmanuel Adebayor masuk menggantikan Patrick Vieira di menit 52.

Salah satu buktinya adalah clash yang terjadi antara Bellamy dengan Song menyusul perebutan bola di tengah lapangan. Tapi hingga laga masuk menit 65 kedua kesebelasan sama-sama masih belum mampu menciptakan tembakan bersih ke arah gawang.

Kans terbaik Arsenal di sepanjang laga tersebut baru lahir di menit 69. Tendangan keras dan terarah Eboue dari luar kotak penalti memaksa Given menjatuhkan diri untuk menepis si kulit bundar menjauh dari gawangnya. Akibat penyelamatan tersebut Given bahkan mengalami cedera dan terpaksa diganti kiper cadangan, Gunnar Nielsen.

Di menit 84 Van Persie mencoba mengelabuhi Nielsen saat dia memutuskan mencungkil bola ketimbang melepaskan tembakan. Namun si kulit bundar melayang terlalu tinggi dan melebar pula, yang membuat Nielsen hanya memandangnya.

Saat upaya City menggedor pertahanan Arsenal mengandalkan serangan balik yang cepat tak juga membuahkan hasil, Van Persie kembali memunculkan harapan buat fans Arsenal. Melepaskan tembakan sambil membuat gerakan membalik badan, hasil sepakannya terhalang kerumunan pemain di muka gawang.

Tak ada gol yang tercipta hingga masa injury time selesai ditambahkan wasit. Papan skor pun masih menunjuk angka 0-0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar