Sabtu, 24 April 2010

Hasil Pertandingan | Barca Pertahankan Puncak Klasemen


Barcelona mempertahankan posisi puncak klasemen usai meraih kemenangan atas Xerez. Berlaga di hadapan pendukung sendiri, Barca menang 3-1.

Pada laga yang dihelat di Stadion Nou Camp, Minggu (25/4/2010) dinihari WIB, Barca tampil dengan mencadangkan bintang utamanya, Lionel Messi. Namun skuad arahan Josep Guardiola ini relatif tak mengalami kesulitan berarti.

El Barca pun sudah unggul 1-0 ketika pertandingan berjalan 14 menit lewat Jeffren Suarez. Mereka kemudian memperbesar keunggulan lagi lewat gol-gol Thierry Henry (menit 24) dan Zlatan Ibrahimovic (56). Satu-satunya gol Xerez tercipta di menit 25 lewat Mario Bermejo.

Xerez sendiri bermain dengan sembilan pemain dalam laga ini setelah Matias Allustiza dikartu merah di menit 90 dan Fabian Orellana di menit 92, kala memasuki injury time.

Berkat kemenangan ini, Barca kokoh di puncak klasemen dengan perolehan nilai 87, atau unggul empat angka atas Real Madrid yang baru akan bermain beberapa saat lagi melawan Real Zaragoza.

Sementara bagi Xerez, kekalahan ini semakin membenamkan mereka di dasar klasemen dengan perolehan nilai 27.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas pertama yang diraih Barcelona langsung berbuah menjadi gol di menit 14. Umpan terobosan Xavi Hernandez berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Jeffren. Nama terakhir langsung melepaskan sebuah sepakan keras yang tak mampu dihalau kiper Renan.

Dua menit berselang, Xerez sempat mendapatkan kesempatan untuk membobol jala Barca. Operan dari Fabio Orellana menemui Francis yang langsung melepaskan sepakan voli. Bola memang mengarah tepat ke gawang Barca, namun berhasil dihalau Victor Valdes.

Barca kemudian unggul 2-0 pada menit 24. Gol kali ini berawal dari kerjasama antara Yaya Toure dan Zalatan Ibrahimovic. Ibra lalu memberikan bola kepada Henry yang ada di dekat gawang. Dengan tenang Henry pun membobol jala Renan untuk kedua kalinya.

Tetapi Xerez tak butuh waktu lama untuk memperkecil kedudukan. Semenit setelah gol Henry, mereka berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Barca dan membobol jala Valdes.

Berawal dari Maxwell yang kehilangan bola, pemain Xerez lalu memberikan operan kepada Mario Bermejo yang terkawal. Dalam kondisi satu lawan satu dengan Valdes, ia pun berhasil membobol jala Barca. Skor berubah menjadi 2-1.

Di sisa babak pertama, Barca sempat mendapatkan kans pada menit 27 lewat tendangan bebas Rafael Marquez. Sial baginya, bola tendangannya melebar di atas mistar gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

Pada menit 46, Seydou Keita mendapatkan tendangan bebas dan sepakannya mengarah tepat ke gawang, andai bek Xerez tak membelokkannya. Tak ada gol, hanya tendangan sudut.

Barca akhirnya unggul 3-1 ketika pertandingan memasuki menit 56. Toure kembali mengawali terjadinya gol ini sebelum akhirnya memberikan operan kepada Ibrahimovic. Penyerang asal Swedia itu pun tanpa ampun langsung mengoyak jala Xerez. 3-1.

Ketika pertandingan memasuki menit 90, Xerez bermain dengan 10 orang setelah Allustiza melakukan pelanggaran terhadap Messi. Sial bagi Xerez, jumlah pemain mereka berkurang lagi beberapa saat kemudian.

Kartu merah kedua untuk Xerez lahir lagi dan kali ini atas nama Orellina. Sama seperti Allustiza, ia dikeluarkan karena melakukan tekel keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar