Kamis, 04 November 2010

Info Sepakbola | Samson Siasia Tangani Nigeria

Siasia-WatanabeNigeria akhirnya menunjuk pelatih tetap sejak berpisah dengan Lars Lagerback usai Piala Dunia 2010 lalu. Sosok pelatih yang dipilih menangani 'Elang Super' adalah Samson Siasia.

Siasia ditunjuk sebagai pelatih usai negosiasi di Abuja, Kamis (4/11/2010) waktu setempat. Dalam waktu 48 jam ke depan, BBC mengabarkan kalau Siasia bakal meneken kontrak resmi.

Siasia yang mantan pelatih Nigeria U-20 dan timnas Olimpiadenya ditunjuk oleh Komite Teknik dari Federasi Sepakbola Nigeria (NFF).

"Setelah melalui pemikiran yang seksama, NFF memutuskan menerima rekomendasi Komite Teknik bahwa Samson Siasia akan ditunjuk sebagai pelatih kepala 'Elang Super'," demikian statemen NFF.

"Yang penting, kontrak untuk penunjukkan ini bakal dilakukan dalam beberapa hari mendatang," lanjut pernyataan tersebut.

Nigeria tidak punya pelatih usai Piala Dunia 2010 karena Lagerback memutuskan mundur. Selama itu, tim Afrika tersebut ditangani oleh pelatih interim, Austin Eguavoen.

Siasia pernah membawa Nigeria menjuarai Kejuaraan Junior Afrika 2005 serta membawa tim U-20 mereka maju ke final Piala Dunia U-20, namun kalah dari Argentina yang saat itu dibela Lionel Messi.

Siasia juga mengantar tim Olimpiade Nigeria maju ke partai puncak Olimpiade Beijing 2008. Lagi-lagi, Argentina (dan Messi) menggagalkan ambisi mereka jadi jawara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar