Sabtu, 13 Agustus 2011

Info Sepakbola | Eks Pelatih Spanyol Tangani China

timnas china

Mantan pelatih Spanyol dan Real Madrid, Jose Antonio Camacho, akan melakoni pengalaman barunya bekerja di Asia. Ia dilaporkan telah setuju menukangi tim nasional China.



Camacho ditunjuk China menggantikan Gao Hongbo, serta ditugasi untuk ikut membenahi persepakbolaan negara tersebut yang sedang menurun baik secara prestasi maupun akibat skandal korupsi di level atas para pengurusnya.



Pria 56 tahun itu pernah melatih timnas Spanyol antara 1998-2202, dan membawa negaranya itu ke babak perempatfinal Piala Eropa 2000 dan Piala Dunia 2002. Di level klub ia pernah melatih Rayo Vallecano, Espanyol, Sevilla, Benfica, Real Madrid, dan terakhir Osasuna.



Menurut harian China Daily, Camacho telah berada di Beijing dan akan segera merampungkan urusan kontraknya yang berdurasi tiga tahun. Target terdekat adalah meloloskan tim "Negeri Panda" ke putaran final Piala Dunia 2014.



"Tujuan kami saat ini adalah mencoba lolos ke Piala Dunia di Brasil. Tapi kami pun punya rencana jangka panjang," ujar Camacho saat tiba di Beijing, seperti dilansir AFP.



Meski dinilai punya potensi besar di level Asia, China tak kunjung berprestasi. Pencapaian terbaik mereka di Piala Asia adalah runner up di tahun 1984 dan 2004. Mereka baru satu kali lolos ke Piala Dunia (di tahun 2002).



Tim yang akan dihadapi China di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 adalah Singapura. Mereka tak terkalahkan dalam lima pertandingan ujicoba terakhirnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar