Selasa, 14 Desember 2010

Liga Europa | Kesempatan Terakhir Sang Juara Bertahan

atleticoJuara bertahan Atletico Madrid belum juga menggenggam tiket ke babak 32 besar Liga Europa. Pertandingan pamungkas fase grup di tengah pekan ini akan jadi kesempatan terakhir untuk lolos.

Dari 48 tim yang bertarung di 12 grup Liga Europa, 18 tim telah mendapatkan tiket ke babak 32 besar. Sementara delapan tiket telah jadi jatah peringkat ketiga fase grup Liga Champions. Artinya, masih ada enam tiket tersisa ke fase knockout. Tiket yang tersisa adalah di Grup B, C, D, G, J, dan K.

Grup A telah menyelesaikan perburuan dua tiket ke babak 32 besar dengan Manchester City dan Lech Poznan sebagai pemenangnya. City yang saat ini memimpin klasemen tinggal berebut posisi juara grup saja dengan Lech yang terpaut dua poin di bawahnya.

Di Grup B, Bayer Leverkusen telah memastikan satu tiket dengan predikat juara grup. Sementara kampiun musim lalu Atletico Madrid akan memperebutkan posisi runner up dengan Aris Thessaloniki. Saat ini Aris dan Atletico menghuni posisi 2-3 klasemen Grup B dengan sama-sama mengumpulkan tujuh poin, tapi Atletico kalah head to head.

Peluang Los Rojiblancos untuk lolos makin tipis karena di matchday terakhir mereka akan bertandang ke kandang Leverkusen, sementara Aris hanya menghadapi Rosenborg di kandang sendiri. Diego Forlan dkk hanya bisa lolos jika Aris gagal menang atas Rosenborg dan mereka menang di kandang Leverkusen. Jika hanya seri di BayArena, mereka masih bisa lolos asalkan Aris kalah dari Rosenborg.

Di Grup J, Borussia Dortmund akan menjalani laga hidup mati di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, kandang Sevilla, Kamis (16/12/2010) dinihari WIB. Saat ini Dortmund duduk di posisi ketiga klasemen dengan delapan poin, terpaut satu poin dari Sevilla di posisi kedua.

Untuk lolos, Die Schwarzgelben wajib menang atas Frederic Kanoute dkk. Jika seri atau kalah, Sevilla-lah yang akan melaju dan mendampingi Paris Saint-Germain.

Laga hidup mati juga terjadi di Grup K. Napoli akan menjamu Steaua Bucuresti untuk memperebutkan satu tiket pendamping Liverpool.

Partenopei saat ini memempati peringkat ketiga klasemen Grup K dengan empat poin. Sementara Steaua nangkring di atas mereka dengan selisih dua poin. Hanya kemenangan yang bisa mengantarkan anak buah Walter Mazzarri tersebut ke babak 32 besar.

Jadwal matchday 6 fase grup Liga Europa:

Kamis (16/12/2010) dinihari WIB
Grup D
Club Brugge vs Villarreal
Dinamo Zagreb vs PAOK Saloniki

Grup E
AZ Alkmaar vs BATE Borisov
Dynamo Kyiv vs FC Sheriff

Grup F
Lausanne Sports vs Palermo
Sparta Prague vs CSKA Moscow

Grup J
Karpaty Lviv vs PSG
Sevilla vs Borussia Dortmund

Grup K
Liverpool vs Utrecht
Napoli vs Steaua Bucuresti

Grup L
Besiktas vs Rapid Vienna
Porto vs CSKA Sofia


Jumat (17/12/2010) dinihari WIB

Grup A
Juventus vs Manchester City
RB Salzburg vs Lech Poznan

Grup B
Aris Saloniki vs Rosenborg
Bayer Leverkusen vs Atletico Madrid

Grup C
Levski Sofia vs Sporting Lisbon
Lille vs AA Gent

Grup G
AEK Athens vs Zenit St. Petersburg
Anderlecht vs Hajduk Split

Grup H
Getafe vs Young Boys Bern
Stuttgart vs OB Odense

Grup I
Debrecen vs Sampdoria
PSV Eindhoven vs Metalist Kharkiv


Tidak ada komentar:

Posting Komentar